Suzuki Jimny Made in India Siap Untuk Diekspor

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 28 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Maruti Suzuki telah menyelesaikan produksi batch pertama Suzuki Jimny tiga pintu untuk pasar global. Terdapat 50 mobil dalam satu jalur, semua kendaraan dirakit secara completely knock down (CKD).

Seperti dilansir Liputan6.com (26/12/2020), produsen mobil asal Jepang tersebut telah memulai perakitan uji coba Suzuki Jimny sejak awal September di India. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Suzuki Jimny secara global.

Meski tak dikhususkan untuk pasar India, mobil bergenre off-road tersebut kabarnya tengah dikembangkan menjadi lima pintu agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Negeri Bollywood.

Rencananya, Suzuki akan meluncurkan Jimny di India pada akhir tahun depan atau awal 2022.

Meski memiliki lima pintu, jantung pacu yang dibenamkan kabarnya sama dengan Suzuki Jimny varian tiga pintu, yakni mesin bensin 1.5 liter K15B yang mampu menghasilkan tenaga hingga 105 Tk.

Mesin tersebut akan dikawinkan dengan manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan dengan sistem penggerak empat roda sebagai standar.

Suzuki Jimny Made in India Mulai Uji Jalan

Maruti Suzuki selangkah lagi memasarkan Jimny produksi lokal. Saat ini mereka tengah menguji jalan Suzuki Jimny hasil produksi mereka.

Berdasarkan laporan terbaru dari Gaadiwaadi, Suzuki Jimny telah diuji jalan dan tertangkap kamera di jalanan Manesar, India.

Hal ini merupakan proses lanjutan dari penunjukan Maruti Suzuki India untuk dapat memproduksi Jimny lalu memasarkannya secara global.

Seperti yang diketahui, produksi Jimny di Kosai, Shizouka, Jepang benar-benar tidak bisa menuruti permintaan pasar yang begitu besar. Akibatnya inden mobil ini begitu lama.

Suzuki Jimny ini merupakan produk rakitan atau CKD yang komponen-komponennya didatangkan langsung dari Jepang.

Namun pihak Maruti berencana untuk meningkatkan kandungan lokal di mobil ini. Mereka mulai melakukan pembicaraan dengan beberapa vendor lokal.

Tak hanya Jimny 3-pintu, Maruti pun diketahui akan mengembangkan versi 5-pintu dengan wheelbase yang lebih panjang. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: