Susah Tidur? Coba Tips Yang Diberikan Oleh Ilmuwan Berikut Ini

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 5 Maret 2019

Indolinear.com, Waco – Apakah anda termasuk orang-orang yang susah tidur? Baiknya Anda mencoba tips berikut ini.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa menulis “to do list” atau “daftar pekerjaan” sebelum tidur. Hal tersebut terbukti membantu orang tidur lebih cepat.

Dikutip dari Liputan6.com (04/03/2019), Dr Michael Scullin dan timnya di Baylor University di Texas mempelajari 57 orang dewasa berusia 19-30 tahun dan membaginya menjadi dua kelompok.

Peserta lalu diminta untuk tidur di laboratorium dan diberi tugas untuk menulis. Setengah dari mereka menulis hal-hal yang telah mereka selesaikan, sementara yang lain menulis daftar tugas yang harus mereka lakukan atau to do list.

Mereka yang menulis to do list tertidur setelah 16 menit mengerjakan tugasnya tersebut, sementara kelompok satunya tertidur setelah 25 menit.

Dalam jurnal Experimental Psychology, para periset mengatakan bahwa mengkhawatirkan tugas yang akan dilakukan merupakan kontributor penting yang membuat seseorang sulit tidur.

Penelitian itu mengungkap, semakin peserta menulis daftar tugas secara rinci, mereka akan semakin cepat tidur. Adapun tren sebaliknya berlaku saat peserta menulis tentang kegiatan yang mereka selesaikan.(Uli)