Surya Sahetapy, Yang Sukses Lulus Cum Laude Di Amerika

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 15 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Kisah inspiratif dan kabar membanggakan kembali datang dari anak bangsa. Adalah putra penyanyi Dewi Yull dan aktor Ray Sahetapy, Surya Sahetapy telah menyelesaikan studinya di Rochester Institute of Technology, New York, Amerika Serikat dengan menyandang predikat cum laude.

Surya yang juga seorang teman tuli, membagikan momen istimewa itu melalui akun Instagram pribadi. Ia mengunggah sebuah video singkat dengan bagian awal menampilkan potret dirinya mengenakan toga serta keterangan “Lulus & Wisuda”.

Baru di akhir video, Surya Sahetapy menyampaikan dengan bahasa isyarat yang berisi pesan dirinya telah lulus dan wisuda. Pada kolom keterangan, pria berusia 26 tahun ini juga menyertakan riwayat pendidikan yang telah ia tempuh mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas.

“1997-2000: TK Kicau, Bintaro 2000-2002: TKLB Pangudi Luhur 2008: Lulus SDLB di @slb_b_pangudiluhur 2011: Lulus SMP Umum @smppjbintaro — diterima di SMA PJ, Bakti Mulya 400 dan HS Kak Seto 2014: Lulus SMA dengan Paket C @hskakseto — diterima di Sampoerna University dan Universitas Brawijaya & gagal diterima di Gallaudet University dan Universitas Indonesia,” tulisnya, dilansir dari Liputan6.com (13/05/2020).

Berlanjut pada 2016, Surya mengikuti pertukaran pelajar di Negeri Paman Sam. Ia juga mengunjungi Gallaudet University, United Nations (PBB), dan Rochester Institute of Technology (RIT).

Lalu pada 2017, ia mengundurkan diri sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam program double degree Sampoerna University dan Lone Star College. Semangat belajar Surya seolah tak pernah padam dan ditunjukkan ketika ia mengikuti program beasiswa studi singkat di University of Sydney, Australia di 2018.

Pada tahun yang sama, Surya juga diterima di Rochester Institute of Technology (APPLA Liberal Arts) dan gagal masuk di University of Wolverhampton, di Inggris (Jurusan: Deaf & Social Policy).

Perjuangan studi Surya Sahetapy akhirnya berbuah manis di Desember 2019. “Desember 2019: Menyelesaikan Associate of Science in Applied Liberal Arts — Immersions: ASL & Deaf Studies dengan gelar Cum Laude di @ritntid,” tulisnya. Mei 2020 ini, ia resmi diwisuda.

Cita-Cita Surya

Pada riwayat pendidikan usai wisuda di Mei 2020, Surya Sahetapy juga menyertakan harapannya untuk dapat mengejar cita-cita di studi untuk di masa mendatang. “Mei 2021: Menyelesaikan Bachelor of Science in International-Global Studies dan Wisuda. @rittigers Amin!” tulis Surya.

Harapan lain di 2021, Surya berharap dapat diterima di salah satu universitas di Inggris, Belanda, Indonesia, Australia atau Selandia Baru. Tak ketinggalan, keinginannya di 2022–2045.

“2022-2045: Harus bisa jadi peneliti Tuli, dosen Tuli, guru Tuli, pengembang kurikulum Tuli, kepala sekolah Tuli atau Educational Policy Analyst,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri unggahan, Surya mengucapkan terima kasih atas doa-doa yang telah dipanjatkan untuknya. “Selamat juga untuk teman-teman Tuli Indonesia yang lulus D3, S1 dan S3 tahun ini!” tutupnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV