Surat Merpati Yang Hilang Sejak 110 Tahun Lalu Ditemukan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 12 November 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sebuah surat yang hilang lebih dari satu abad setelah dikirim melalui merpati pos militer, akhirnya berhasil ditemukan.

Dilansir dari Merdeka.com (11/11/2020), kapsul alumunium kecil yang berisi surat itu ditemukan oleh pasangan yang sedang berjalan-jalan di wilayah Alsace, Prancis timur.

Pesan yang ditulis dalam bahasa Jerman tersebut, berasal dari seorang prajurit infanteri Prusia yang berbasis di Ingersheim bekas kota Jerman yang sekarang menjadi kota Prancis, dan berisi detail manuver militer.

“Itu dialamatkan ke atasan,” kata Dominique Jardy, kurator di Museum Linge di Orbey di Prancis timur.

Pesan tersebut ditandai 16 Juli, tulisan tangannya juga sulit diuraikan serta tahun yang tidak jelas. Namun berdasarkan kerangka waktu Perang Dunia Pertama, itu bisa dikirim antara 1914 dan 1918, tapi Jardy yakin kemungkinan besar dikirim pada 1910.

“Peleton Potthof menerima tembakan saat mereka mencapai perbatasan barat lapangan parade, peleton Potthof menembak dan mundur setelah beberapa saat, di Fechtwald, setengah peleton dinonaktifkan, Platoon Potthof mundur dengan kekalahan besar,” bunyi sebagian pesan.

Jardy mengatakan temuan itu “sangat langka” dan empat salinan pesan yang menggunakan empat merpati mungkin dikirim pada saat itu. Dia juga mengatakan merpati yang membawa pesan khusus ini pasti “tersesat” segera setelah lepas landas.

Menurut Jardy, kapsul itu kemungkinan besar telah muncul ke permukaan tanah dari waktu ke waktu seperti banyak sisa-sisa militer dari Perang Dunia Pertama. Selama 40 tahun di museum, dia berkata dia belum pernah melihat yang seperti itu.

Setelah menemukan kapsul tersebut, pasangan Prancis langsung membawanya ke museum di Orbey untuk melihat apakah mereka dapat menemukan asal-usulnya. Kini pesan bersama dengan wadahnya tersebut akan dipajang secara permanen di museum.

Merpati, yang disebut “merpati pos” merupakan suatu sebutan untuk alat komunikasi selama perang dunia pertama dan kedua. Mereka digunakan secara luas, beberapa burung bahkan mendapatkan medali dan penghargaan perang. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: