Sudah Dipatenkan, Benarkah Honda PCX Bakal Pakai Airbag?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 20 Januari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Honda baru saja mematenkan sistem airbag untuk sepeda motor, yang bakal dipasangkan secara vertikal di depan pengendara. Sistem ini, bekerja dengan cara yang mirip dengan airbag konvensional, dimana gas terkompresi dan dilepaskan untuk menggembungkan kantong.

Dilansir dari Liputan6.com (18/01/2020), memang Honda tidak menyebutkan secara spesifik airbag ini bakal disematkan di model apa. Tapi, dari gambar yang dipatenkan, airbag ini terpasang di salah satu skuter matik (skutik) premium, PCX.

Konsep airbag untuk motor sendiri telah ada sejak lama. Masalah utama bagi perancang airbag motor ini, adalah kemasannya atau cara memasang airbag ini di motor karena keterbatasan ruang penyimpanan.

Berbeda dengan mobil, yang ada banyak ruang kosong di dasbor, pilar samping, dan kursi untuk menyimpan airbag dan perangkan inflasi, dan motor hampir tidak ada ruang seperti itu.

Sistem baru yang dipatenkan raksasa roda dua asal Jepang ini, adalah airbag kecil yang kompak dan dapat dipasang di bagian depan bodi motor kecil ataupun skuter.

Cara kerjanya seperti biasa, saat sistem mendeteksi kecelakaan, gas terkompresi dan akan mengeluarkan kantung udara untuk melindungi pengendara dari dampak keras tabrakan. (Uli)

INDOLINEAR.TV