Stres Terus Mendera? Segera Konsumsi Lima Asupan Ini

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 13 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Beban emosi dan pikiran terus saja datang. Baik karena kehidupan pribadi, pekerjaan atau hal lain. Hal ini tentunya akan memicu produksi hormon kortisol atau dikenal dengan hormon stres.

Biasanya, orang yang stres atau makan karena pengaruh emosional akan mencari makanan manis atau jenis karbohidrat lainnya. Keduanya dapat meningkatkan kadar gula darah dan hormon kortisol secara drastis.

Untuk mengurangi efek stres pada kondisi fisik ada beberapa asupan yang sangat direkomendasikan. Dilansir dari Dream.co.id (11/02/2020), asupan ini diketahui bisa membantu menstabilkan mood dan menekan hormon stres. Yuk, cari tahu.

Salmon

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi salmon dapat mengurangi rasa cemas dan stres. Makan ikan dua kali seminggu bisa meningkatkan suasana hati. Atau konsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan DHA untuk menjaga suasana hatimu.

Paprika Merah

Paprika merah kaya akan vitamin C. Dan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa vitamin dapat mengatasi stres. Pola makan kaya akan vitamin C bisa mengontrol hormon kortisol dan menenangkan suasana hati.

Kacang

” Vitamin B pada kacang dapat menjaga neurotransmiter agar suasana hati tetap dalam kondisi terbaik dan membantu mengatasi stres,” tutur psikolog, Ellen Albertson. Kacang juga kaya akan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Wortel     

Makanan yang renyah dapat mengatasi stres. Itulah mengapa wortel sangat cocok dikonsumsi saat stres. Wortel juga mengandung nutrisi dan sedikit kalori dibandingkan makanan kurang sehat lainnya.

Teh

Teh dapat menenangkan suasana hati dan pikiran, serta mencegah makan berlebihan. Sehingga kamu bisa lebih tenang dan rasional memikirkan solusi dari masalahmu. Pastikan untuk selalu menyediakan teh untun diseduh ketika stres melanda. (Uli)

INDOLINEAR.TV