SPKLU Swasta Pertama Di Indonesia Berdiri Di Wisma Indomobil 3

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 8 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) bersama PLN (Perusahaan Listrik Negara) mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) swasta pertama di Wisma Indomobil 3 MT Haryono, Jakarta Timur.

Ada dua model pengisian daya (Charger), yaitu AC Charger 7,4kW dan DC Charger 25kW yang membutuhkan waktu pengisian daya sekitar 60 menit dari baterai 0 persen hingga full.

Peresmian SPKLU swasta pertama ini dilakukan oleh Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia bersama dengan Bob Saril, Direktur Niaga dan Management Pelanggan, PLN pada Senin, 1 November 2021.

Stasiun pengisian daya milik Nissan ini telah terintegrasi dengan aplikasi milik PLN yakni Charge.in. Ini menjadi langkah awal Nissan untuk memberikan solusi terbaik bagi pemilik Electric Vehicle (EV) sekaligus memudahkan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

“SPKLU ini kami dedikasikan untuk mendukung percepatan fasilitas Charging Station sehingga harapannya populasi kendaraan listrik bisa cepat berkembang untuk mencapai lingkungan yang hijau dan bebas polusi,” ujar Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, dilansir dari Liputan6.com (06/11/2021).

Selain itu pihaknya juga memiliki fasiltas charging station yang sama di dealer Nissan yaitu, Nissan TB Simatupang, Nissan Puri Indah, Nissan Roxy dan Nissan Bekasi Barat.

Fasilitas SPKLU ini terbuka untuk umum, artinya kendaraan mobil listrik dengan berbagai merk dan model bisa melakukan pengisian daya pada charging station yang disediakan.

Di lain sisi, walau jaringan infrastruktur SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia belum banyak, Tan Kim Piauw, Sales & Marketing Director PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan produknya dapat menjawab kesulitan yang dialami konsumen.

Nissan Leaf

Produk kendaraan niremisi andalannya yakni Nissan Leaf. Unit itu merupakan mobil listrik murni yang dibekali baterai lithium-ion 40kWh.

Ia mampu melaju sejauh 311 km dalam sekali isi daya baterai dari posisi full charge hingga baterai benar-benar kehabisan daya listrik. Hasil itu didapat berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Setiap pembelian Leaf juga telah dibekali charging portable standar. Metode ini dapat mengisi dari sumber listrik mana saja dengan daya minimal 3,3 kw yang memakan waktu pengisian baterai 12 sampai 15 jam.

Home wall charger AC didapatkan konsumen secara cuma-cuma selama periode promo, dan dapat dipasangkan di rumah atau kantor dengan menarik daya 6,6 sampai 7,4 kw yang memerlukan waktu pengisian 5 sampai 7 jam.

Untuk informasi tambahan, All-New Nissan LEAF ditawarkan dengan harga Rp 649 Juta untuk opsi one tone dan Rp 651 Juta untuk opsi dual tone. Semua harga sudah dalam kategori on the road Jakarta. (Uli)