Spider-Man Tak Akan Jadi Bagian The Avengers Lagi

FOTO: bbc.com/indolinear.com
Jumat, 23 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – Sony menyatakan “kecewa” karena tak bisa bekerja sama lagi dengan Disney dalam memproduksi film-film Spider-Man di masa depan.

Pernyataan ini dikeluarkan menyusul kegagalan perundingan antara Sony dan Disney dalam produksi film Spider-Man berikutnya. Kegagalan ini memicu perpisahan antara keduanya, dilansir dari Bbc.com (22/08/2019).

Sebelumnya Sony – pemilik hak atas Spider-Man – bekerjasama dengan studio Marvel – yang dimiliki Disney – untuk memasukkan Spider-Man dalam Semesta Sinematik Marvel (Marvel Cinematic Universe atau MCU).

Ini yang membuat kita bisa melihat karakter Spider-Man menjadi bagian dari seri The Avengers, termasuk judul yang paling sukses, The Avengers: End Game.

Sony menyatakan pihaknya berharap persoalan ini “bisa berubah di masa depan”.

Dalam rangkaian cuitan, Sony menyatakan terima kasih kepada Presiden Marvel Studio, Kevin Feige atas “bantuan dan petunjuk” dalam memproduksi film-film Spider-Man.

Feige memainkan peran sangat besar dalam kesuksesan dua film terakhir Spider-Man – yang dibintangi oleh aktor Inggris Tom Holland – termasuk ketika menggabungkan karakter ini ke dalam The Avengers dan Marvel Cinematic Universe secara keseluruhan.

Film Spider-Man terakhir, Spider-Man: Far From Home juga diproduksi oleh Feige dan merupakan film produksi Sony Pictures yang paling sukses dalam meraih penjualan tiket.

Apa yang terjadi dengan Spiderman?

Spider-Man aslinya adalah karakter komik yang diterbitkan oleh penerbit Marvel. Tahun 1999 Sony membeli hak untuk mengadaptasi karakter ini ke dalam bentuk film.

Sejak saat itu, Sony telah membuat lima film yang menampilkan karakter Spider-Man. Tiga film diperankan oleh Tobey Maguire dan dua lagi diperankan oleh Andrew Garfield.

Pada tahun 2015 Sony menandatangani kesepakatan dengan Disney, serta anak perusahaannya Marvel Studios, untuk memasukkan karakter Spider-Man, dan tentu saja Peter Parker, sebagai bagian dari MCU.

Kesepakatan ini bermakna: Disney akan turut memproduksi dan berbagi keuntungan dari film-film yang menampilkan Spider-Man.

Kesepakatan inilah yang berakhir. Menurut Variety, media spesialis industri film, Disney meminta bagian produksinya ditingkatkan lagi menjadi 50:50, dan Sony menolak usulan itu.

Sebelum kesepakatan ini batal, Spider-Man telah muncul di lima film Marvel Cinematic Universe:

Captain America: Civil War (2016)

Spider-Man: Homecoming (2017)

Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Endgame(2019)

Spider-Man: Far From Home (2019)

Dengan batalnya kesepakatan ini, maka kemunculan Spider-Man sebagai bagian dari MCU akan jadi pertanyaan besar, jika tidak bisa dibilang tak akan ada lagi.

Posisi Tom Holland sebagai bagian dari The Avengers juga berakhir.

Mengomentari hal ini, aktor Jeremy Renner, yang bermain sebagai karakter Hawkeye, memasang status di Instagram, meminta Spider-Man kembali ke Marvel.

Situs media hiburan Deadline melaporkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir kedua studio “tak bisa” berhasil mencapai kesepakatan soal pendanaan film bersama mereka di masa depan.

Dalam perhelatan Comic-Con bulan lalu di San Diego, California, Marvel mengumumkan proyek film mereka tanpa menyebut-nyebut Spider-Man. (Uli)