Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV Concept AkhirnyaTerungkap

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 2 Juni 2022

Indolinear.com, Semarang – PT Toyota-Astra Motor melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 memperkenalkan Kijang Innova EV Concept yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak.

Pada saat itu, belum banyak informasi seputar spesifikasi yang bisa digali. Namun, saat Seminar Nasional dengan tema “100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission” yang berlangsung di Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, kemarin (25/5), spesifikasinya mulai terkuak.

Sebuah pamflet yang dipajang di UNDIP menyebutkan spesifikasi Toyota Kijang Innova EV Concept secara umum. Motor elektrik yang digunakan sanggup menghasilkan torsi sebesar 700 Nm dengan kecepatan puncak 120 kpj.

Baterai pack menggunakan lithium ion dengan spesifikasi 59,3 kWh. Baterai sub-pack no.1 ( 27,4 kWh) berlokasi di engine compartment, baterai sub-pack no.2 (20,4 kWh) terletak di under floor, dan baterai sub-pack no.3 (11,4 kWh) terletak di under floor. Jarak tempuh Kijang Innova EV Concept disebutkan bisa mencapai 280 km.

Informasi lainnya yang cukup menarik adalah kecepatan charging berdasarkan tipe charger. Dibutuhkan waktu pengisian 4 jam jika menggunakan charger 45A-3 phase. Sedangkan jika memakai charger 1 phase membutuhkan waktu 8 hingga 12 jam.

Keberadaan Kijang Innova EV Concept menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional. Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance dan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dilansir dari Liputan6.com (31/05/2022).

Tujuan Toyota Pamer Kijang Innova EV Concept di IIMS 2022

Toyota resmi pamer Kijang Innova EV Concept di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022. Model ini, memang masih belum masuk produksi massal, namun raksasa otomotif asal Jepang ini sudah melakukan tahap quality dan safety assurance pengecekan internal.

“Meski sudah dikendarai, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi,” ujar Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, usai sesi test drive, yang juga dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjut Henry, kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept ini, semakin mengukukuhkan komitmen jenama Negeri Matahari Terbit untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam program percepatan pengembangan industri kendaraan listrik nasional.

Sejauh ini, Toyota Kijang Innova EV Concept adalah mobil dengan brand nasional yang pertama dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggerak (power engine).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat,” tambahnya. Toyota Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia. (Uli)

loading...