SpaceX Sukses Meluncurkan Empat Astronaut Ke Luar Angkasa

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 14 November 2021
loading...

Indolineaar.com, Jakarta – SpaceX sukses meluncurkan empat astronaut ke Stasiun Antariksa Internasional. Kesuksesan ini menandai kelima kalinya perusahaan mengirim manusia ke luar angkasa.

Para astronaut ini mengendarai kapsul Crew Dragon SpaceX dan berada di orbit sebelum berlabuh di ISS. Bersama SpaceX, para astronaut tergabung dalam misi bernama Crew-3.

Mengutip dari Merdeka.com (13/11/2021), di antara kru misi Crew-3 yang mengikuti peluncuran tersebut ada tiga astronaut NASA: Raja Chari, Tom Marshburn, dan Kayla Barron. Dalam penerbangan ini juga ada seorang astronaut Jerman, Matthias Maurer dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

Crew-3 berangkat setelah beberapa kali terjadi penundaan. Peluncuran dilakukan dari NASA Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida menggunakan roket Falcon 9 SpaceX.

Setelah berhasil mendorong Crew Dragon yang membawa penumpang ke orbit, Falcon 9 kemudian berbalik kembali ke Bumi dan melakukan pendaratan khas SpaceX di kapal drone perusahaan di Samudera Atlantik.

Ketika kapsul berpisah dari roket Falcon 9, kontrol misi SpaceX mengatakan kepada kru, “Selamat datang di orbit. Semoga Anda menikmati perjalanan dari Falcon 9. Dragon akan mengantarkan Anda dari sini, semoga perjalanannya lancar.”

Direktur misi peluncuran juga menyapa para kru dan mengajak kru agar menikmati penerbangan mereka. Astronaut Chari menjawab, “perjalanan lebih hebat dan lebih baik dibanding bayangan kami.”

Misi adalah penerbangan ketiga SpaceX untuk NASA sebagai bagian dari Crew Program. Tiap misi, termasuk Crew-3 berlangsung selama 6 bulan.

SpaceX bertanggung jawab meluncurkan para astronaut dan membawa mereka kembali ke Bumi dengan selamat. Keempat astronaut ini dijadwalkan pulang ke Bumi sekitar musim semi tahun 2022.

Sekadar informasi, cara utama SpaceX membuat orang mengorbit adalah dengan kapsul Crew Dragon. Kapsul ini adalah kendaraan otomatis yang dilengkapi dengan kursi dan layar sentuh interaktif. Kapsul ini dirancang untuk berlabuh secara otomatis di ISS tanpa perlu kendali dari awak kapal.

Crew Dragon yang membawa anggota misi Crew-3 akan mencoba berlabuh di ISS, selanjutnya satu jam kemudian para astronaut akan membuka palka dan memasuki stasiun.

Setibanya di ISS, kru akan disambut oleh tiga astronaut yang sudah tinggal di ISS. Antara lain adalah astronaut NASA Mark Vande Hei dan kosmonot Rusia Anton Shkaplerov serta Pyotr Dubrov.

Di sana, ketujuh manusia yang ada ISS akan melakukan upacara penyambutan singkat. Uniknya, Maruer adalah orang ke-600 yang terbang ke luar angkasa dan Barron adalah yang ke-601. (Uli)