Sotheby’s: Ada Tujuh Penawar Jersey “Gol Tangan Tuhan” Maradona

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 7 Mei 2022

Indolinear.com, London – Maradona menjadi legenda sepak bola dunia yang tak lekang di benak banyak orang.

Pemain kelahiran Lanus, Argentina pada 30 Oktober 1960 ini menjadi kapten tim nasional sepak bola Argentina pada Piala Dunia Meksiko 1986.

Kala itu, Argentina meraih juara dunia usai menumbangkan Jerman di final. Argentina, sebelum mengalahkan Jerman, lebih dulu bersua dengan Inggris di perempat final.

Argentina meraih kemenangan 2-1 atas Inggris. Diego Maradona, pada laga itu, mencetak dua gol langsung.

Salah satu gol kemenangan, disebut-sebut dilakukan Maradona menggunakan tangannya. Padahal, mencetak gol dengan bantuan tangan pada laga sepak bola adalah tindakan pelanggaran.

Alhasil, gol yang dicetak Maradona itu mendapat julukan “Gol Tangan Tuhan”, dilansir dari Kompas.com (06/05/2022).

Usai pertandingan, Maradona bertukar jersey timnas Argentina yang dikenakannya dengan pemain Inggris, Steve Hodge.

Jersey itulah yang kini menjadi memorabilia incaran banyak kolektor, apalagi, setelah Maradona wafat pada 25 November 2020 di Dique Lujan, Argentina.

“Kami berhasil melelang jersey ‘Gol Tangan Tuhan’ Maradona,” kata pernyataan Balai Lelang Sotheby’s.

Sotheby’s menyebut bahwa pihaknya sukses melego jersey itu dengan banderol harga 9,3 juta dollar AS atau setara dengan Rp 133,92 miliar. Sotheby’s mengatakan bahwa ada tujuh penawar dalam lelang itu. Namun begitu, Sotheby’s tidak memberikan informasi nama pemenang lelang.

Sotheby’s memulai lelang jersey Maradona pada 20 April 2022. Sementara, kata Sotheby’s, penutupan lelang punya tenggat 3 Mei 2022 pagi waktu setempat.

Informasi dari Sotheby’s juga menunjukkan bahwa pihaknya pernah melego jersey Babe Ruth, pemain klub bisbol AS New York Yankees. Tahun pelelangan pada 2019.

Saat itu, pemenang lelang melepas duitnya hingga 5,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 80,64 miliar untuk jersey Babe Ruth itu. “Pelelangan jersey Maradona memecahkan rekor bagi kami,” kata pernyataan Sotheby’s. (Uli)

loading...