Sosok Perancang Garuda Istana Negara Di Ibu Kota Baru

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 7 April 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Baru-baru ini netizen Indonesia dihebohkan dengan video penampakan desain Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam video itu tampak jelas jika desain Istana Negara tersebut berbentuk burung garuda tengah mengembangkan sayapnya.

Sebelumnya, pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo telah menyetujui desain Istana Negara di Kaltim tersebut, dilansir dari Dream.co.id (05/04/2021).

Pemenang Desain Istana Negara di Kaltim

Kabar ini diketahui lewat unggahan akun Instagram Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa yang kemudian dihapus.

Video penampakan istana burung garuda itu banyak ditemukan di media sosial. Salah satunya yang dilihat Dream di akun Instagram @top_worl.idn ini.

Desain istana negara baru ini menuai berbagai tanggapan dari masyarakat hingga terjadi pro dan kontra.

Perkumpulan para arsitek dan mereka yang berkecimpung dalam dunia desain lanskap juga ramai memperbincangkan desain istana negara ini.

Pria Ini yang Desain Istana Negara di Kaltim

Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi di masyarakat, ternyata desain istana negara berbentuk burung garuda ini merupakan hasil karya Nyoman Nuarta.

Nyoman Nuarta merupakan pematung Indonesia asal Bali yang menjadi salah satu pelopor gerakan seni rupa baru di negeri ini.

Salah satu maha karya Nyoman Nuarta adalah Patung Garuda Wishnu Kencana yang berdiri megah di Nusa Dua, Bali.

” Terpilih disain ISTANA NEGARA, di IKN (IBUKOTA NEGARA) Kaltim, Karya saya, melalui sayembara yg diadakan oleh PUPR” tulis Nyoman di caption video penampakan istana negara di akun Instagram pribadinya.

Bukan Seniman Sembarangan

Nyoman Nuarta lahir di Tabanan, Bali, pada 14 November 1951. Nyoman mendapatkan gelar sarjana seni rupa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan hingga kini menetap di Bandung.

Selain Garuda Wishnu Kencana, karya hebat Nyoman lainnya adalah Monumen Jalesveva Jayamahe yang sampai sekarang masih berdiri megah di Dermaga Ujung, Surabaya.

Selain itu Nyoman juga membuat dua karya besar ikonik lainnya yang semuanya berada di Jakarta. Dua karya tersebut adalah Patung Arjuna Wijaya atau Patung Arjuna Wiwaha dan Monumen Proklamasi Indonesia.

Banyak yang Kontra daripada yang Pro

Seperti disebutkan sebelumnya, penampakan desain istana negara Indonesia di ibu kota baru di Kaltim menuai berbagi reaksi masyarakat.

Namun komentar yang terlihat di akun @top_world.idn ini malah banyak yang negatif daripada positifnya.

” Siap2 rusak dah paru2 dunia.”

” Rusaklah paru2 dunia, bukan nya bikin qt bangga ibu kota baru, astagfirullah.”

” Gk usah dimegah2kan bansos saja masih berhenti dikorupsi gak sama rata.”

” Keluar duit banyak,lagian nnti dampak yg d rugikan lebih banyak dah lahh.” (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: