Sopir Taksi  Ini Kembalikan Uang Senilai 920 Juta

Jumat, 23 Oktober 2015
Tokoh | Uploader Arif
loading...

Indolinear – Ariful Karim, 48 tahun, tadinya bekerja sebagai desainer komputer tapi dia kemudian banting setir menjadi sopir taksi di perusahaan Dubai Taxi, Uni Emirat Arab.

Pekerjaan sebagai sopir taksi itu buat dia cukup menyenangkan meski harus tinggal jauh dari keluarganya di Bangladesh.

Dua tahun bekerja sebagai sopir taksi kini Karim mendapat lencana kebanggaan atas kejujurannya.

Dia mendapat pengakuan dan penghargaan dari Otoritas Transportasi dan Jalanan karena mengembalikan uang tunai milik penumpang.

“Kejadiannya tahun lalu, sebelum akhir bulan Ramadan. Seorang penumpang lupa membawa barangnya ketika dia turun dari taksi. Saya tidak memperhatikan itu, dan setelah dia ada beberapa penumpang lain yang naik. Tapi ketika saya istirahat saya melihat sebuah amplop kertas yang terselip di kursi penumpang,” kata dia.

“Ketika saya ambil amplop itu ternyata ada uang di dalamnya. Saya hitung jumlahnya senilai Rp 920 juta. Saya hubungi Otoritas Transportasi dan menyimpan uang itu di kantor.”

“Sehari setelahnya penumpang itu mendatangi Otoritas Transportasi dan dia diberitahu amplopnya dan isinya utuh. Saya lalu dipanggil dan bertemu dengan penumpang yang berasal dari Iran itu. Dia memberi saya imbalan Rp 1,1 juta.”

Karim kemudian diberi lencana dan sertifikat sebagai bentuk penghargaan atas kejujurannya.

“Sering juga beberapa penumpang ketinggalan dompet atau ponsel dan tiap kali saya temukan saya melapor dan menyimpannya di kantor.”

Pria yang bekerja dari jam 04.00 pagi hingga 16.00 itu mengaku orangtuanya selalu mengajarkan dia soal kejujuran.

“Allah selalu menjaga kita, jadi mengapa saya harus khawatir?” katanya sambil tersenyum. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com