Skutik Listrik United Bisa Keluarkan Suara Motor Balap

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 18 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – PT. Terang Dunia Internusa (TDI) selaku produsen sepeda merek United turut meramaikan pasar kendaraan listrik nasional dengan merilis United T1800. Skutik listrik ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan TDI terhadap program Langit Biru yang diinisasi pemerintah.

“Hari ini kami meluncurkan motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang menghendaki sebuah kendaraan listrik yang stylish, futuristik dan ramah lingkungan, yang sekaligus menjadi komitmen kami dalam mendukung ‘Program Langit Biru’ dari pemerintah Indonesia,” terang Henry Mulyadi, Direktur PT TDI dalam keterangan resminya, dilansir dari Liputan6.com (16/12/2020).

Disebutkan pula, United E-Motor menjadi distributor resmi dari roda dua motor listrik di Indonesia. United E-Motor melengkapi divisi sebelumnya yang telah dimiliki PT. TDI, yakni United Bike dan United E-Series.

Dari segi dimensi, skutik listrik United T1800 cukup bongsor. Skutik ini juga memiliki dua posisi berkendara seperti halnya Yamaha NMax maupun Honda PCX.

Sistem pencahayaannya menganut jenis LED, serta sistem pengereman sudah cakram di kedua rodanya yang berukuran 12 inci.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap, sebut saja tombol start/stop engine, USB port, serta dilengkapi speaker yang bisa terkoneksi via Bluetooth untuk audio, radio dan mode suara pada kendaraan.

Menariknya, motor listrik ini juga memiliki racer sound mode sehingga dapat memberikan sensasi berkendara motor listrik dengan suara motor balap.

Fitur Lainnya

United T1800 juga dilengkapi mode berkendara. Ada 3 mode kecepatan dengan tombol one click overtaking sebagai mode sport untuk mempermudah saat menyalip kendaraan lain di depan. Lalu ada pula mode mundur untuk mempermudah pengendara saat memundurkan kendaraan.

Bagaimana dengan performanya? United T1800 mengandalkan motor listrik Bosch 60V1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W.

Kapasitas baterai Lithium yang digunakan adalah 60V 28Ah. Dalam kondisi baterai penuh 100 persen, daya jelajah motor ini bisa mencapai 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 km/jam pada mode kecepatan normal. Sementara kecepatan maksimumnya hanya 70 km/jam.

Harga

Motor ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dalam hal biaya operasional dan perawatan. Dalam hal biaya operasional pemakaian daya listrik hanya sekitar Rp 2.700 untuk satu kali pengisian listrik dengan waktu minimal 4 jam.

Menyoal harga, United T1800 dibanderol Rp 24,5 juta sebagai harga perkenalan. Harga normalnya sendiri Rp 27 juta.

Untuk saat ini, pelayanan penjualan dan purnajual United E-Motor tersedia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). Sementara wilayah lain di seluruh Indonesia tengah dipersiapkan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: