Sistem Penyewaan Baterai Buat Harga Mobil Listrik Lebih Murah

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 27 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Beijing – Pabrikan mobil listrik asal Cina, NIO telah meluncurkan program berlangganan Battery as a Service (BaaS). Program ini membuat konsumen bisa membeli mobil listrik tanpa perlu membeli baterai, sehingga harganya lebih kompetitif.

Dilansir dari Liputan6.com (25/08/2020), program ini memberikan banyak pilihan kepada konsumen. Misalkan saja konsumen bisa memilih kapasitas baterai sesuai dengan kebutuhan. Keuntungan lainnya adalah konsumen tak perlu memikirkan performa baterai menurun, ongkos upgrade baterai, dan harga jual yang jatuh.

Seberapa murah membeli mobil listrik tanpa baterai? Menurut NIO, harga mobil akan turun $10.000 (setara Rp147 juta). Dan untuk berlangganan baterai 70 kWh, konsumen mengeluarkan dana $141 (setara Rp2 juta) per bulan.

NIO telah memiliki izin untuk menjual mobil listrik tanpa baterai, dan sudah ada konsumen BaaS yang membeli mobil listrik tanpa baterai.

Sistem sewa baterai ini bisa berjalan berkat teknologi tukar baterai milik NIO. NIO telah mendapatkan lebih dari 1.200 hak cipta terkait dengan teknologi tukar baterai. Dan telah berhasil menguji lebih dari 800.000 tukar baterai mobil listrik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: