Sisa Ikan Lele Diolah Jadi Kerupuk Bawa Berkah Untuk Tia

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 1 November 2021
loading...

Indolinear.com, Cikarang – Membanggakan, di tengah terpaan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, seorang pengusaha UMKM di kawasan Tambun Selatan malah melebarkan sayap bisnis ke pasar luar negeri.

Adalah Tia (45) seorang pengusaha makanan ringan kerupuk tulang ‘Raca Lele’, yang sukses mengembangkan bisnisnya meski tergolong sebagai UMKM kecil.

Usaha milik Tia dirintis sejak tahun 2012.

Dimulai dengan modal sebesar Rp 3 juta, Tia membuat tambak lele dan memulai produksi beberapa hasil makanan menggunakan bahan daging lele.

“Kalau kerupuk ini kan sebenarnya dari bagian ikan Lele yang enggak kepakai, yang kami gunakan adalah bagian kepala dan tulang lele. Sehingga kami tidak ada limbah,” kata Tia saat ditemui di Kadin Expo, Cikarang, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (30/10/2021).

Perlahan tapi pasti, usahanya mulai berkembang, mulai dari pemasaran yang dilakukan online, hingga kini menjadi juara 2 produk UMKM unggulan se-Jawa Barat.

“Sekarang dipasarkannya di online ada, reseller, offline dan retail modern. Alhamdulillah produk kami akan dipasarkan juga di Kuwait dan Singapura,” ucapnya.

Tia bersyukur ikut berpartisipasi dalam Kadin Expo 2021, selain dikarenakan bisa membantu memasarkan produk, juga untuk membangkitkan kembali perekonomian yang lesu pasca diterpa pandemi Covid-19.

“Semoga kondisi Kabupaten Bekasi menjadi lebih baik lagi, begiru pula perekonomiannya,” kata Tia. (Uli)