Sirkuit Silverstone Terbuka Untuk Gelar 2 Seri F1 Tanpa Penonton

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 21 April 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Otoritas Sirkuit Silverstone di Inggris menyatakan kesanggupannya untuk menggelar dua seri balapan tanpa penonton guna membantu pihak Formula 1 agar bisa bangkit dari krisis corona.

Melansir dari Kompas.com (20/04/2020), Bos Sirkuit Silverstone Stuart Pringle pada Minggu (19/4/2020) waktu setempat mengungkapkan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan Formula 1, termasuk rencana menggelar dua seri F1 dalam satu atau dua pekan secara berurutan.

“Saya percaya diri dengan kemampuan kami untuk menggelar balapan ini. Kami memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan,” kata Pringle.

“Kami yakin bisa menyelenggarakan balapan itu,” ujar Pringle menegaskan.

Menggelar balapan tanpa penonton menjadi opsi terbaik yang bisa dilakukan pengelola Sirkuit Silverstone. Sebab, hingga saat ini pemerintah Inggris masih menyarankan warganya untuk tetap berada di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“F1 telah bekerja sangat keras dalam mencari solusi untuk kejuaraan musim ini,” ucap Pringle.

“Kami rutin berkomunikasi dengan mereka dan telah meminta agar kami bisa menggelar dua balapan tanpa penonton dalam satu atau dua pekan,” imbuh Pringle.

Sementara itu, bos tim McLaren, Zak Brown, pekan lalu mengatakan bahwa balapan di Eropa bisa digelar tanpa penonton demi menjaga jumlah orang yang hadir di lokasi tetap minimal.

“Semuanya sangat tentatif, tapi ( GP Inggris) bisa digelar sesuai jadwal tanpa kehadiran penonton,” kata Brown.

“Faktanya, skenario seperti ini lebih memungkinkan untuk dilaksanakan di Eropa,” imbuh dia.

“Dengan jadwal yang sekarang sudah dipadatkan, adakah cara lain yang lebih baik untuk menggelar balapan? Satu dari sekian banyak ide adalah menggelar balapan di lokasi yang sama dan Silverstone salah satunya,” kata Brown menegaskan.

Sejauh ini, sembilan dari 22 seri dalam kalender F1 2020 telah dibatalkan atau ditunda. Dua balapan yang dibatalkan adalah GP Australia dan GP Monako. Adapun, seri yang mengalami penundaan meliputi GP Spanyol, GP Bahrain, GP Vietnam, GP China, GP Belanda, GP Azerbaijan, dan GP Kanada. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: