Sinyal Kuat Kawasaki Ninja ZX-4R Akan Segera Masuk Jalur Produksi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 19 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Munculnya desain paten yang diduga kuat Kawasaki Ninja ZX-4R menimbulkan spekulasi mengenai waktu peluncuran yang semakin dekat. Ya, kabar Kawasaki Ninja ZX-4R segera masuk jalur produksi dan dipasarkan tak lepas dari suksesnya sang adik Ninja ZX-25R yang diluncurkan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Lewat motor seperempat liter berkonfigurasi 4-silinder tersebut, membuat Geng Hijau semakin diperhitungkan dan menguatkan jati dirinya sebagai benchmark di segmen motor sport.

Dari beberapa sumber yang kami himpun, Kawasaki disebutkan sudah mengajukan desain untuk Ninja ZX-4R. Patennya berfokus pada tampilan komponen fairing.

Dari gambar itu, pabrikan menggunakan fairing yang berbeda dengan Ninja ZX-25R yang rasanya lebih memaksimalkan sektor pendinginan dan aerodinamika.

Gambar paten ini menunjukkan adanya penyematan beberapa kisi-kisi untuk mendistribusikan udara langsung ke komponen radiator hingga mesin.

Saluran udara terlihat lebih besar yang fungsinya membantu sektor pendinginan tanpa harus menggunakan radiator berdimensi besar.

Informasi selanjutnya, dokumen itu juga menyebutkan bahwa paten tersebut lebih cocok diaplikasikan pada sepeda motor bermesin 400 cc dengan layout 4-silinder. Oleh sebab itu, purwarupa ini diyakini mengarah pada pengembangan all new Kawasaki Ninja ZX-4R.

Rumor kehadirannya lantas sebagai penerus dari Ninja 400 bermesin 2-silinder, memang sampai saat ini motor tersebut tak dijual di Indonesia.

Namun kiprahnya cukup eksis di beberapa negara Asia, Amerika, dan Eropa. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut terkait spesifikasi dan performa yang akan dihasilkan dari mesin 400 cc 4-silinder ini, dilansir dari Liputan6.com (17/10/2021).

Peluangnya Hadir di Indonesia

Lantas, pertanyaannya, apakah Kawasaki Indonesia juga akan menjualnya jika benar segera ditetaskan dalam waktu dekat? Head and Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi memilih irit bicara terkait hal ini.

“Sampai saat ini belum ada keputusan sama sekali soal motor tersebut,” kata Michael saat dihubungi OTO.com.

Namun jika berandai, peluangnya memang terbilang kecil lantaran isi kubikasinya yang terbilang tanggung.

Apalagi mengingat aturan pajak soal motor CBU (Completely Built Up) dan kubikasi mesin di atas 250 cc yang akan menjadi lebih mahal (sekitar 40 persen) karena dikenakan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM).

Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-4R kabarnya akan memanfaatkan gelaran EICMA Milan pada November 2021 mendatang. Menarik buat ditunggu, apakah motor ini juga akan mengaspal di pasar domestik atau tidak. (Uli)