Simpan Rahasia Besar, Tiga Kota Ini Pernah Disembunyikan Dari Publik

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 20 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Sejarah dewasa ini dipenuhi dengan sejumlah rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu.

‘Rahasia’ sejarah bisa mengambil beragam bentuk, mulai dari narasi tentang sebuah peristiwa, perkembangan teknologi, pembangunan suatu tempat dan lain sebagainya.

Salah satu contoh, seringkali sekelompok pihak atau pemerintah suatu negara memerlukan untuk membangun kota rahasia atau kota tersembunyi yang jauh dari pandangan publik karena berbagai alasan.

Merangkum sejumlah contoh, berikut 3 kota rahasia yang pernah tersembunyi dan dirahasiakan dari publik. Demikian seperti dikutip dari Liputan6.com (18/10/2019).

  1. Oak Ridge, AS

Oak Ridge adalah sebuah kota di Anderson County dan Roane County di bagian timur negara bagian Tennessee, yang berjarak sekitar 40 km dari barat Knoxville.

Kota tersebut didirikan pada 1942 sebagai salah satu lokasi penelitian Proyek Manhattan –proyek rahasia gabungan massif AS, Inggris, dan Kanada yang ditujukan untuk mengembangkan bom atom pada Perang Dunia II.

Lebih dari 60.000 hektar tanah di sekitar Oak Ridge dibeli oleh pemerintah federal AS untuk memastikan bahwa mereka memiliki ruang yang diperlukan untuk mencapai tujuan utama Proyek Manhattan, tanpa mata-mata musuh bisa mencari tahu tentang hal itu.

Pada awal berdiri, hanya sedikit orang yang mengetahui mengenai eksistensi Oak Ridge. Para pegawai Proyek Manhattan di kota itu pun juga bekerja dalam kondisi rahasia dan diminta untuk tetap menjaga kerahasiaannya.

Oleh karenanya, kota tersebut memiliki beragam julukan akibat sejarah yang menyertai, meliputi the Atomic City, the Secret City, the Ridge, dan the City Behind the Fence.

  1. Kota 404, China

Pada awal berdiri pada 1958, lokasi tersebut merupakan tempat awal berdirinya pabrik bernama Number 404 Factory of China National Nuclear Corp yang terafiliasi dengan Kementerian Industri Nuklir Tiongkok.

Terletak di Gurun Gobi, di bagian barat Provinsi Gansu, lokasi tersebut kemudian berjuluk Kota 404 atau Kota Nuklir bagi sejumlah penduduk China.

Kota 404 adalah pangkalan industri nuklir pertama dan salah satu yang terbesar yang pernah dimiliki oleh China. Tiongkok membangun reaktor nuklir pertamanya dan memproduksi sekitar 80 persen bagian inti untuk bom nuklir perdana mereka di kota tersebut.

Sampai tahun 1980-an, seluruh kota berstatus tertutup dari orang luar.

Kecelakaan nuklir pernah terjadi di lokasi tersebut pada tahun 1969, mengakibatkan kebocoran bahan nuklir pada salah satu reaktor.

Demi menutupi kejadian dan menjaga status kerahasiaan, Beijing sempat menyebut insiden tersebut sebagai ‘kecelakaan di area tambang Gansu’ kepada publik. Kendati demikian, kecurigaan menyeruak dan membuat kota itu berubah status menjadi ‘rahasia publik’.

Pada tahun 2007, sebagian besar penduduk di sekitarnya telah dipindahkan ke Kota Jiayuguan, Provinsi Gansu, mengindikasikan bahwa tes nuklir mungkin masih dilakukan di Kota 404 kala itu.

  1. Kamp Century, Greenland

Salah satu peninggalan era Perang Dingin, kamp berkedok kota itu adalah bagian dari operasi militer rahasia Amerika Serikat yang dikenal sebagai Project Iceworm.

Kamp yang terletak di Greenland, Denmark itu pada awalnya merupakan fasilitas penelitian ilmiah sederhana.

Karena tensi militer dan nuklir antara AS dan Soviet semakin meningkat, maka Washington semakin membutuhkan tempat peluncuran misil yang efektif di Atlantik utara.

Greenland pun dipilih sebagai salah satu lokasi peluncuran misil –karena dekat dengan Soviet. Bersamaan dengan prosesnya, Kamp Century pun didirikan sebagai kedok untuk mengelabui pemerintah Denmark.

Kamp Century, yang terletak di bawah tanah berlapis salju, dibangun untuk menampung segala yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi dalam jangka panjang.

Kendati demikian, di balik ‘kota’ tersebut, AS mendirikan jaringan silo-silo rudal nuklir. Proyek pembangunan jaringan silo-silo itu diberi nama Project Iceworm.

Tujuan dari Project Iceworm adalah menggunakan terowongan bawah tanah yang luas di Camp Century untuk sebuah tempat peluncuran nuklir bergerak di mana misil-misil dapat ditembakkan ke Soviet.

Menurut cetak biru proyek itu, AS hendak membangun lusinan silo-silo peluncuran di sepanjang jaringan terowongan seluas 4.000 km di Kamp Century.

Namun, proyek itu dihentikan, setelah mengetahui bahwa struktur tanah di Greenland tak optimal untuk menempatkan rudal di bawahnya –akibat terus menerus tertutup oleh lapisan es dan salju yang tak stabil. (Uli)

INDOLINEAR.TV