Simbol Regenerasi, AHY Jadi Pemimpin Parpol Parlemen Termuda

FOTO: nusabali.com/indolinear.com
Sabtu, 21 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Denpasar – Terpilihnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP Demokrat pada Kongres V Partai Demokrat menggantikan ayahandanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata tak hanya menjadi simbol regenerasi pemimpin parpol dari yang senior ke junior.

AHY juga menjadi ketum parpol termuda di antara ketum parpol pemilik kursi parlemen (DPR RI) lainnya. Wasekjen DPP Demokrat, Putu Supadma Rudana, menyebutkan ‘Muda Kekuatan AHY’.

Deretan ketum parpol yang menduduki parlemen dan jauh umurnya di atas AHY adalah Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri (23 Januari 1947), Surya Paloh Ketua Umum DPP NasDem (kelahiran 16 Juli 1951), Prabowo Subianto, Ketua Umum DPP Gerindra (kelahiran 17 Oktober 1951), Suharso Monoarfa, Plt Ketua Umum DPP PPP (kelahiran 31 Oktober 1953),  Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN (kelahiran 17 Mei 1962), Airlangga Hartarto, Ketua Umum Golkar (kelahiran 1 Oktober 1962), Sohibul Imam, Presiden PKS (kelahiran 5 Oktober 1965), Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB (kelahiran 24 September 1966) dan AHY, Ketua Umum DPP Demokrat (kelahiran 10 Agustus 1978).

Supadma Rudana, Rabu (18/3) siang mengatakan usia AHY sebagai Ketua Umum DPP Demokrat menjadikan sosok AHY sebagai simbol regenerasi di parpol dan menjadi ketum parpol di parlemen termuda. “Selama ini kan sangat jarang terjadi regenerasi di parpol dari kader yang muda ke senior (tua). Di Demokrat itu regenerasi justru didorong senior. Karena Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sangat paham kebutuhan organisasi. Pemimpin sejati itu adalah pemimpin yang siap menciptakan regenerasi. AHY sekarang menjadi ketum parpol termuda,” ujar politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini, dilansir dari Nusabali.com (20/03/2020).

Menurut Supadma Rudana, AHY yang terpilih secara aklamasi di Kongres Demokrat dengan dukungan Ketua DPD Demokrat dan Ketua DPC Demokrat di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota. Dia menjadi simbol kelahiran pemimpin parpol milenial. “Kalau dari parpol yang menduduki parlemen, Ketua Umum DPP Demokrat paling termuda. Ini sejarah juga di dunia politik bahwa yang muda itu bukan berarti belum matang. Tetapi memang Demokrat berpikirnya 5 langkah ke depan menyiapkan regenerasi,” tegas Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Ketika ditanya apakah kepemimpinan AHY akan mampu membangkitkan kekuatan Demokrat yang sempat berjaya di Pileg dan Pilpres 2004 dan 2009? Menurut Supadma Rudana peluang itu sangat besar. Apalagi AHY memang akan mewarnai generasi emas Indonesia tahun 2024-2029 mendatang. “Muda kekuatan AHY,” ujar pria yang sempat duduk di Komisi III DPR RI 2017-2018 ini.

Saat itu sejumlah tokoh yang akan muncul dari partai lain pasti ada juga. Sebut saja Puan Maharani yang saat ini Ketua DPR RI. Puan Maharani sendiri adalah calon pemimpin di PDIP. “AHY saya rasa sangat siap dan akan menjadi generasi emas Indonesia 2024-2029. Karena AHY sendiri sudah punya pengalaman di organisasi dan selalu jadi lulusan terbaik ketika dia bergelut di dunia militer,” tegas Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: