Simak Lima Tips Bersepeda Di Tengah Masa Pandemi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 30 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Cycling alias bersepeda mendadak menjadi hobi yang kembali diminati masyarakat sejak pandemi Covid-19. Permintaan sepeda di berbagai negara melonjak drastis. Melihat pekerja atau pemuda bersepeda di sore atau malam hari pun bukan pemandangan ganjil lagi.

Terkait fenomena tersebut, experienced cyclist Chaidir Akbar menyampaikan bahwa masa pandemi mengajarkan banyak orang untuk memiliki kesadaran lebih terhadap pentingnya kesehatan. Terutama kebiasaan sehat yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Salah satunya sepedaan ini. Sepedaan adalah olahraga yang jika dilakukan low dan medium-intensity, maka akan memberikan hal-hal tersebut, sehingga imunitas kita lebih jadi lebih baik,” kata Chaidir, dilansir dari Merdeka.com (28/08/2020).

Nah, karena seluruh negara sedang beradaptasi terhadap kebiasaan baru untuk menghindarkan diri dari infeksi virus, maka bersepeda pun harus sesuai protokol kesehatan. Berikut ini beberapa tips yang dibagikan Chaidir untuk para cyclist.

  1. Selalu Jaga Jarak dengan Pesepeda Lain

“Yang pertama selalu menjaga jarak dengan orang lain,” jelasnya.

Ini adalah protokol pertama yang tidak boleh dilanggar para cyclist. Menjaga jarak fisik penting untuk meminimalkan risiko penyebaran virus dari satu pesepeda ke pesepeda lainnya.

  1. Jangan Gonta-Ganti Grup Sepeda

Ketika bersepeda di luar rumah, perlu untuk diperhatikan bersama siapa saja Anda bersepeda. Hal tersebut juga merujuk jika pesepeda memiliki grup sepeda.

“Kalau misalnya bikin grup sepeda, grup sepedanya yang itu-itu saja jangan gonta-ganti, supaya terisolasi,” tambah Chaidir.

  1. Selalu Pakai Masker

Tips bersepeda di masa pandemi lainnya adalah penggunaan masker. “Kalau misalnya kita berhenti sepedaan, ngobrol-ngobrol pakai terus maskernya,” lanjutnya.

  1. Jaga di Tingkat Low-Intensity sampai Medium-Intensity

Salah satu hal penting lainnya yang disampaikan Chaidir adalah menjaga intensitas. “Yang pasti jaga intensitasnya supaya kita sepedaan itu tetap di low-intensity atau maksimal di medium-intensity itu yang akan membuat imunitas kita semakin kuat,” kata Chaidir.

Pasalnya olahraga berlebihan justru membuat sistem kekebalan terganggu. Terutama karena asupan oksigen yang kita dapatkan tidak sebanyak biasanya saat kita menghirup udara tanpa masker.

  1. Jaga Asupan Nutrisi dan Porsi Istirahat

“Jangan lupa perhatikan asupan nutrisinya, minumnya, dan istrirahat yang cukup, itu yang suka kita lupa,” tutupnya.

Karena bersepeda merupakan aktivitas fisik yang menguras tenaga cukup banyak, tubuh perlu asupan nutrisi yang seimbang agar bisa memulihkan diri. Istirahat yang cukup setelah bersepeda juga penting untuk kesehatan.

Demikian berbagai tips bersepeda di tengah pandemi yang bisa Anda terapkan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: