Sidang Kasus Keponakan Presiden AS John F Kennedy Perkosa Wanita Dimulai

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 2 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Florida – William Kennedy Smith, putra dari mantan duta besar AS untuk Irlandia Jean Kennedy Smith, yang merupakan saudara perempuan Presiden John F. Kennedy, dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita Florida berusia 29 tahun pada 30 Maret 1991 dini hari, di kompleks Palm Beach milik keluarga Kennedy. Sidang kasus ini dimulai pada 2 Desember 1991.

Saat itu, Smith merupakan seorang mahasiswa kedokteran berusia 30 tahun di Universitas Georgetown. Pada malam 29 Maret, Smith pergi ke Palm Beach bersama pamannya, Senator Ted Kennedy , dan sepupunya, Patrick Kennedy. Mereka berakhir di tempat malam bernama Au Bar, di mana Smith bertemu dengan korban, yang kemudian menemaninya kembali ke perkebunan Kennedy.

Smith dan wanita itu berjalan-jalan di pantai dan saat itulah Smith diduga memperkosanya.

Mengambil sikap dalam pembelaannya sendiri di pengadilan, Smith bersaksi bahwa dia berhubungan seks dengan wanita itu tetapi berdasarkan suka sama suka. Dalam persidangan, Hakim Mary E. Lupo melarang jaksa memberikan kesaksian dari tiga wanita lain yang mengklaim Smith telah menyerang mereka, dilansir dari Liputan6.com (31/12/2020)

Persidangan Jadi Sirkus Media

Sebagai anggota salah satu keluarga paling terkenal di Amerika, Smith menjadi subjek pengawasan publik yang intens dan persidangannya berubah menjadi sirkus media. Jutaan penonton menyaksikan acara yang disiarkan televisi secara nasional dan wartawan dari seluruh dunia berkumpul di gedung pengadilan West Palm Beach.

Pada 11 Desember, setelah berunding selama 77 menit, enam anggota juri membebaskan Smith atas semua tuduhan. Belakangan terkuak informasi menarik: pengacara pembela utama Smith, Roy Black, kemudian menikahi Lisa Haller, salah satu anggota juri, pada 1995.

Selama siaran langsung televisi dari persidangan tersebut, identitas korban dikaburkan secara elektronik dengan titik besar untuk melindungi privasinya. Namun setelah persidangan, wanita yang bernama Patricia Bowman itu memilih untuk mengidentifikasi dirinya secara terbuka.

William Kennedy Smith menjadi dokter setelah persidangan, yang mengkhususkan diri dalam menangani korban ranjau darat, dan sebagian besar tetap tidak menjadi sorotan nasional. Pada 2004, seorang wanita Chicago yang menjadi asisten Smith di Pusat Rehabilitasi Internasional nirlaba mengajukan gugatan yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual. Seorang hakim kemudian membatalkan gugatan tersebut. (Uli)