Siapakah Pemain Pengatur Serangan Dalam Olahraga Sepak Bola?

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 31 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Di dalam permainan sepak bola pasti ada salah satu pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan.

Tanpa adanya pengatur serangan, maka sebuah tim akan gagal membangun serangan. Pemain yang bertugas mengemban peran tersebut biasanya ditempati oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang serang. Lantas apa sebutan pemain yang berperan sebagai pengatur serangan?

Pemain sepak bola yang bertugas mengatur serangan dinamakan dengan playmaker. Playmaker adalah salah satu peran penting dalam sebuah tim sepak bola.

Dikutip dari Kompas.com (30/07/2021), playmaker adalah pemain yang menghubungkan lini tengah dan depan untuk membangun serangan.

Pemain yang berperan sebagai playmaker memiliki karakteristik spesial karena mempunyai visi yang jelas dalam permainan. Pemain yang berperan sebagai playmaker memiliki sebuah karakter bermain untuk menahan dan mendistribusikan bola, mengatur tempo, hingga mengkreasikan peluang.

Peran playmaker sendiri selalu identik dengan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang atau pemain yang berada di belakang penyerang atau striker.

Biasanya pemain berposisi sebagai gelandang serang ada dalam formasi 4-2-3-1. Contoh pemain yang berperan sebagai playmaker di timnya saat ini adalah Kevin De Bruyne (Manchester City), Bruno Fernandes (Manchester United), hingga David Silva (Real Sociedad).

Namun, pemain yang berperan sebagai playmaker tidak melulu seorang gelandang serang. Playmaker bisa juga merupakan pemain berposisi sebagai gelandang bertahan. Salah contoh pemain gelandang bertahan yang berperan sebagai playmaker adalah Jorginho (Chelsea).

Jorginho merupakan playmaker yang bertugas mengatur tempo, mendikte, dan mengalirkan bola dari lapangan tengah sebagai pusat kendali tim.

Kemampuan itu terbukti dari statistik mengesankan gelandang timnas Italia kelahiran Brasil itu yang melepaskan 1.896 operan di Liga Inggris musim 2018-2019. (Uli)