Siapa Lebih Dulu Memakai Nama Manchester: MU Atau Man City?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 13 November 2021
loading...

Indolinear.com, Manchester – Manchester United (MU) merupakan salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia. Kejayaan klub ini semakin meroket berkat arahan Sir Alex Ferguson sejak 1986.

Prestasi MU yang dulu langganan menang Premier League membuat reputasinya semakin mendunia, serta mengalahkan popularitas klub lain yang menyandang nama Manchester, yakni Manchester City.

Pada 2008, “rezeki sultan” datang ke Manchester City. Klub itu meraih investasi besar-besaran dari anggota royal family Abu Dhabi: Sheikh Mansour.

Nasib City lantas semakin sejahtera berkat investasi dari Sheikh Mansour, meski sempat dicibir klub karbitan. Julukan karbitan itu perlahan terlupakan ketika City terus menoreh prestasi dan jadi pemenang Premier League.

Bila melihat sejarah, siapa sebetulnya yang pertama kali menyandang nama Mancester? Ternyata jawabannya adalah Manchester City, meski Manchester United lebih senior.

Berikut penjelasannya yang dilansir dari Liputan6.com (11/11/2021):

Nama Manchester

Bila melihat sejarah masing-masing klub, Manchester City dan Manchester United awalnya menggunakan nama lain.

Situs resmi MU menyebut bahwa nama klub itu dulunya Newton Heath LYR (Lancashire and Yorkshire Railway). Klub itu berdiri pada 1878.

Sementara, situs resmi City menulis klub mereka awalnya berasal dari gereja: St Mark’s Church. Klub itu mulai debut pada 1880, lalu berganti nama jadi Ardwick AFC di 1887.

Hubungan kedua tim itu lantas terjalin. Ketika ada ledakan di tambang batu bara Hyde Road pada 1890, Newton Heath dan Ardwick menggelar laga persahabatan untuk menggalang dana bantuan.

Barulah pada 1894, Ardwick menggunakan nama Mancester untuk mewakili kota itu di English Football League. Lahirlah nama Manchester City Football Club yang dipakai hingga kini.

Manchester Celtic?

Nama Manchester United bahkan belum ada saat pergantian abad. Bahkan, klub itu nyaris punah karena masalah finansial.

Newton Heath lantas diselamatkan oleh investasi dari John Henry Davies. Investasi dari Davies memicu diskusi untuk mengganti nama Newton Heath.

Tak mungkin mereka menggunakan nama Manchester City yang sudah digunakan, akhirnya muncul gagasan nama Manchester Central dan Manchester Celtic.

Meski nama Manchester Celtic cukup epik, nama itu lantas ditolak. Nama yang dipakai adalah United, sehingga lahirlah Manchester United pada 1902.

Kedua klub Manchester itu kini memiliki fans sepak bola dari seluruh penjuru dunia. (Uli)