Setjen DPR RI Edukasi Politik Lewat Parlemen Kampus

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Rabu, 15 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan Parlemen Kampus merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan kehidupan politik dan demokrasi melalui fungsi legislatif. Melalui program Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal DPR RI ini, diharapkan generasi muda sejak dini dapat peduli terhadap isu-isu politik yang menyangkut kebijakan publik.

“Ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai bangsa untuk memberikan pemahamanan politik sejak dini di kampus bagi mahasiswa. Saya kira ini salah satu program unggulan kami untuk terus mengajak generasi muda aware terhadap masalah politik,” ujar Indra usai memberi pembekalan materi kepada mahasiswa-mahasiswi terkait mekanisme pengambilan keputusan di Parlemen pada kegiatan Parlemen Kampus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, dilansir dari Dpr.go.id (14/12/2021).

Indra menambahkan, kegiatan Parlemen Kampus merupakan bentuk pengenalan sejak dini terhadap kaum milenial khususnya mahasiswa agar menumbuhkan kesadaran serta semangat partisipasi politik.  Apalagi, mekanisme checks and balances dapat diperankan masyarakat, terutama Universitas yang menjadi sumber ilmu, pengetahuan dan sains.

“Saya pikir mahasiswa atau kampus diisi oleh kaum intelektual, kaum yang terpelajar seperti mahasiswa, karena itu tentu diharapakan banyak masukan yang objektif dari kampus, sehingga dalam proses berbangsa dan bernegara ini akan lebih bisa mewarnai berbagai keputusan publik,” ujar Indra.

Dia menyampaikan, berbagai topik terkait isu – isu yang relevan menjadi pembahasan dalam kegiatan Parlemen Kampus. Misalnya, Parlemen Kampus 2021 kali ini yang mengusung tema “Paradigma SDGs dalam Tata Kelola Sampah”. Hal ini bertujuan agar berlatih cara berpikir mahasiswa sekaligus mengajak mahasiswa berkontribusi menyampaikan gagasan secara positif.

“Masukan – masukan dari mahasiswa itu bisa kita sebut pilar demokrasi atau apapun yang pasti hal itu merupakan tanggung jawab moral sebagai bangsa untuk memberi masukan pada pemerintah maupun parlemen. Karena itu, pengenalan politik sejak dini menjadi tanggung jawab kami di DPR,” tandas Indra.

Acara Parlemen Kampus merupakan kegiatan tahunan Humas Setjen DPR RI sebagai wujud komitmen Setjen DPR RI dalam mendukung serta memberikan pembelajaran berdemokrasi masyarakat khususnya generasi muda. Adapun Kegiatan yang berlangsung pada 8-9 Desember 2021 terlaksana atas kerja sama Humas DPR dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara dilaksanakan secara luring dan online yang diikuti 125 mahasiswa se-kota Malang dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Turut hadir sebagai narasumber Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nurhamidah, Anggota Komisi X DPR RI Hasanuddin Wahid, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Deputi Persidangan Setjen DPR Damayanti, Rektor UIN Malang Prof. Dr. Zainuddin, Manajer Pendidikan dan Jaringan WALHI Jatim Wahyu Eka Setyawan, dan Ketua SEMA UIN Malang Adib Fanani. (Uli)