Setjen DPR Menyambut Baik Ketertarikan Parlemen Vietnam Dalam Agenda P20

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Sabtu, 16 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Sekretariat Jenderal DPR RI Endah Retnoastuti menyambut baik ketertarikan Parlemen Vietnam untuk berpartisipasi dalam agenda Parliamentary 20 (P20). Diketahui, P20 merupakan pertemuan multilateral parlemen dunia, khususnya kelompok negara-negara yang tergabung dalam G20. Vietnam tidak termasuk dalam kelompok negara G20 sehingga membutuhkan pertimbangan lebih lanjut dari Indonesia, selaku tuan rumah Presidensi G20.

Hal itu disampaikan Endah pasca menerima kunjungan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, H.E. Ta Van Thong di Ruang Delegasi DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta.“Beliau menyampaikan ketertarikannya untuk berpartisipasi di sidang besar ini. Menurut beliau, Indonesia dan Vietnam dari sisi parlemen sudah banyak kerja sama di berbagai forum multilateral dan bilateral,” jelas Endah.

Endah berharap ketertarikan Vietnam ini dapat diterima oleh pimpinan DPR RI dan nantinya akan turut berkontribusi lebih jauh dalam empat isu prioritas di P20 mendatang. “Seperti soal energi yang berkelanjutan, krisis pangan dan krisis energi, kemudian GEDSI (Kesetaraan Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial), dan mengenai vibrant democracy effective parliament,” tegasnya, dilansir dari Dpr.go.id (15/07/2022).

Di sisi lain, ia juga menjelaskan negara-negara non-G20 akan turut diundang dalam agenda P20, seperti Kamboja sebagai Ketua ASEAN dan Thailand sebagai tuan rumah Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF). “Selain anggota parlemen, kita turut mengundang stakeholder lain seperti organisasi internasional,” tutup Endah.

Diketahui, dalam menerima kunjungan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia tersebut, turut pula hadir Plh Sekretaris Jenderal DPR RI Sumariyandono, Plh Deputi Persidangan Setjen DPR RI Suprihartini, dan Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna. (Uli)

loading...