Setjen DPR Menerima Kunjungan Delegasi Partai Buruh Australia

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Rabu, 11 Maret 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti menerima kunjungan Delegasi Partai Buruh Australia yang dipimpin oleh Mr. Luke Gosling MP. Tujuan kehadiran tim delegasi Partai Buruh Australia tersebut adalah ingin dapat mengenal dan mengetahui secara lebih jauh tentang sistem dan mekanisme kerja yang dilakukan oleh lembaga perwakilan rakyat yang ada di Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Maya, sapaan akrabnya sempat menjelaskan tentang sistem pemerintahan yang dianut oleh Indonesia dan juga mekanisme kerja DPR RI secara umum. “Ada 575 Anggota Dewan yang ada di DPR RI. Terdiri dari 9 fraksi, dimana fraksi terbesar otomatis menjadi Ketua Parlemen,” jelasnya di Ruang Rapat Setjen dan BK DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2020). Turut mendampingi beberapa pejabat di Kesetjenan DPR RI, dilansir dari Dpr.go.id (10/03/2020).

Maya menjelaskan, Parlemen Indonesia juga mempunyai Grup Kerja Sama Antar Parlemen. Dimana antara Parlemen Indonesia dan Australia sendiri ada kurang lebih sekitar 6 orang anggotanya. Pada kesempatan tersebut dipaparkan pula tentang fungsi-fungsi DPR RI, yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan, serta fungsi lainnya yaitu fungsi diplomasi parlemen.

“Di pertemuan yang sangat efektif ini, diharapkan ke depannya kita masih bisa bertemu kembali. Semoga apa yang sudah kami sampaikan dalam forum ini dapat bermanfaat dan berguna sebagai bahan masukan bagi yang memerlukan,” ucap Maya. Usai pertemuan, delegasi Partai Buruh Australia diajak tour building di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: