Setalah 29 Tahun, Akhirnya Bayi Lahir Lagi Di Kota Ini

Rabu, 3 Februari 2016
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com – Kota Ostana di utara Italia sangat gembira menyambut kelahiran bayi pertengahan pekan ini. Puluhan warga mengarak bayi laki-laki bernama Pablo itu di tengah kota, serta menggelar acara syukuran bersama.

Tentu ada alasan kenapa warga sampai berpesta seperti itu. Sejak 1987, belum pernah lagi ada ibu melahirkan di kota itu. Pablo adalah warga ke-85 dari kota yang sangat sepi tersebut.

Kota Ostana pernah cukup ramai pada tahun 1970-an dengan lebih dari 1.000 penduduk. Namun arus urbanisasi, karena minimnya lapangan kerja, membuat jumlah warga saban tahun menyusut. Beberapa tahun belakangan biasanya cuma separuh warga, dari total 85 orang, yang tinggal sehari-hari di kota kecil kawasan perbukitan itu.

Bahkan orang tua Pablo – Silvia dan Jose – sebetulnya sempat berencana pindah ke kota besar seperti Firenze sebelum bayi istimewa itu lahir. Namun pemerintah setempat menawari mereka pekerjaan menjaga kastil di puncak bukit pinggir kota.

Kota-kota sepi seperti Ostana jumlahnya cukup banyak di Negeri Pizza. Banyak pemerintah kota berupaya memberi insentif, mulai dari tawaran jaminan kesehatan sampai pensiun, agar warga berusia muda tak pindah ke kota. Namun, laju urbanisasi tetap saja tinggi.

Salah satu kota kecil yang bangkrut karena penduduknya nyaris semua pindah ke kota besar, adalah Civita di Bagnoregio. Walaupun punya banyak peninggalan sejarah yang menarik, Kota Civita hanya ditinggali ratusan orang yang rata-rata sudah manula. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com