Sepuluh Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 9 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sejak pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu, kurma diketahui menyimpan banyak manfaat penting bagi kesehatan.

Menurut sejarahnya, kurma berasal dari Irak dan mulai diperjual-belikan ke berbagai negara di seluruh dunia.

Kebanyakan orang akan memakan langsung buah kurma sebagai pendamping saat berbuka puasa.

Kurma memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral, energi, gula, dan serat seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium dan seng.

Selain di makan langsung, kurma juga dapat diolah menjadi susu kurma. Susu kurma menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan kulit.

Apa saja manfaat susu kurma yang lain? Melansir dari Dream.co.id (07/08/2020), berikut manfaat susu kurma yang tak boleh dilewatkan.

  1. Menguatkan Tulang

Secara umum, susu kaya akan kalsium yang dikenal punya manfaat yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi. Dengan mencampur susu dengan kurma, manfaat kalsium akan semakin baik bagi tulang. Tulang akan terhindar dari cedera yang biasa terjadi saat berolahraga.

Kurma dikenal tinggi kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Selain untuk memperkuat tulang, manfaat susu kurma yang laiin adalah menjaga kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.

  1. Mengatasi Sembelit

Manfaat susu kurma selanjutnya adalah mampu mengobati sembelit. Sebagian orang terkadang mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa menghambat pencernaan mereka.  Akibatnya perut akan mengalami sembelit, nyeri dan kesulitan untuk buang air besar.

Susu kurma memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini akan menyisakan air dalam sistem pencernaan yang membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Untuk menikmati manfaat susu kurma yang satu ini, Sahabat Dream bisa mencampurkan 5-6 buah kurma ke dalam 500 ml susu. Masak campuran ini dan biarkan hingga dingin. Minumlah saat perut kosong di pagi hari untuk mengatasi sembelit.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung adalah satu satu manfaat susu kurma. Kandungan kalium yang terdapat dalam kurma mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mengatasi penyumbatan di arteri.

Tekanan darah tubuh akan menjadi lebih lancar sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kurma dikenal mampu menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat alami yang dimiliki.

  1. Booster ASI

Selain memiliki rasa yang manis dan legit, manfaat susu kurma yang lain adalah menjadi booster ASI bagi para ibu menyusui.

Menurut sebuah penelitian, kurma dapat ditambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui karena dapat memperlancar produksi ASI, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu.

Kurma memiliki kandungan tryptophan, yang menghasilkan serotonin bagi hormon kebahagiaan. Para ibu menyusui akan jauh lebih tenang dan tidak stres.

Selain itu serotonin juga dapat mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi, dapat membuat produksi ASI meningkat dan volume ASI pun semakin banyak.

  1. Mencegah Anemia

Selanjutnya, manfaat susu kurma yang lain mampu mencegah terjadinya anemia. Orang yang mengalami anemia biasanya tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi susu kurma secara rutin. Kurma memiliki kandungan zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi hemoglobin dalam sel darah. Selain itu, zat besi juga berfungsi membantu mengalirkan oksigen melalui aliran darah dengan lancar.

  1. Menyehatkan Sistem Saraf

Manfaat susu kurma yang bisa didapatkan yakni menyehatkan sistem saraf. Sistem saraf yang sehat dan dapat berfungsi secara optimal, akan memperlancar sistem kerja tubuh lainnya.

Kurma memiliki kandungan vitamin B, kalium, dan natrium yang tinggi. Semuanya sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

  1. Meningkatkan Fungsi Seksual

Ketujuh, manfaat susu kurma adalah mampu menyembuhkan gangguan seksual. Kurma dikenal memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino akan membantu meningkatkan fungsi seksual seseorang.

Selain itu, susu kurma memiliki kandungan afrodisiak alami yang dapat merangsang daya seksual, dan kandungan flavonoid yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

  1. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan kulit dan membuatnya tampak bercahaya menjadi salah satu manfaat susu kurma bagi kecantikan.

Kandungan vitamin C dan D dalam susu kurma memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, susu kurma berfungsi mencegah penyakit kulit lainnya, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Buah yang banyak dikonsumsi saat Ramadhan ini juga mengandung fitohormon, sehingga memberikan efek antipenuaan secara signifikan.

Susu kurma akan mencegah pertumbuhan melanin (pigmen yang memberi warna pada tubuh) di dalam tubuh sehingga dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Dalam sebuah studi yang dilakukan, kurma diketahui dapat mengurangi aktivitas protein beta-amyloid, yang dapat mengurangi kerja otak. Meski telah terbukti pada hewan, hingga saat ini penelitian pada manusia belum dilakukan.

  1. Membantu Proses Persalinan Normal

Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu kurma sangat baik untuk membantu proses persalinan normal. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada persalinan.

Sebuah studi menunjukkan, dari 69 wanita yang mengonsumsi kurma setiap hari selama 4 minggu, mereka memiliki 20 persen peluang yang lebih besar untuk melahirkan normal dibanding ibu hamil yang tidak mengonsumsinya. Kurma akan membantu melunakan serviks sehingga membantu mempercepat pembukaan jalan lahir. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: