Sepuluh Makanan yang Bisa Membantu Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 21 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tidur nyenyak merupakan sebuah hal yang perlu diperoleh untuk kesehatan dan kebugaran seseorang. Sayangnya, kondisi ini kerap kali tak mudah diperoleh oleh seseorang.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa tidur nyenyak mulai dari kondisi ruangan yang tepat serta kondisi mental yang mendukung. Pada saat ini, kemajuam teknologi menyebabkan banyaknya gangguan yang menyebabkan kita menjadi kesulitan tidur.

Kurang tidur sendiri telah diketahui bisa menjadi penyebab terjadinya sejumlah masalah kesehatan. Kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami berbagai masalah baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, mengusahakan agar dapat tidur nyenyak merupakan sebuah hal yang penting kita lakukan. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi makanan yang tepat.

Sejumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa membantu agar kita bisa tidur lebih nyenyak. Dilansir dari Merdeka.com (19/08/2020), berikut sejumlah makanan yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Kiwi

Kiwi merupakan buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk. Buah ini bisa membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari. Kandungan serotonin dan antioksidan dari buah ini cukup tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Almond

Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki dosis tinggi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Konsumsi 33 gram almond bisa memberimu cukup magensium dan kalsium untuk melemaskan otot dan membuatmu cepat tertidur.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sardin, dan tuna bisa membantu untuk cepat tertidur karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan asam lemak tersebut membantu mengatur hormon tidur bernama serotonin selain itu terdapat juga kandungan vitamin D yang bisa membantu tidur.

Chamomile

Teh herbal memiliki efek yang menenangkan pada orang dan bisa membantu untuk tidur. Teh chamomile merupakan salah satu jenis teh herbal yang bisa menenangkan karena kandungan apigenin di dalamnya yang bisa menurunkan kecemasan dan membuatmu sangat mengantuk.

Buah Ara

Buah ara memiliki kandungan tinggi magnesium yang bisa membantu tidur. Hal ini disebabkan karena kandungan serat di dalam buah ara yang bisa membuatmu merasa kenyang hingga malam hari.

Ubi

Karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam ubi bisa membantumu merasa tetap kenyang dengan tenang. Selain itu, ubi juga memiliki banyak potasium, mineral yang bisa membantu melemaskan otot.

Kalkun

Kalkun merupakan makanan yang bisa membuatmu kenyang sekaligus mengantuk. Kandungan nutrisi bernama tritofan di dalam kalkun merupakan asam amino yang bisa membuatmu sangat mengantuk.

Pisang

Pisang memiliki kandungan gula yang tinggi dan disertai dengan magnesium, potassium, serta vitamin B6 di dalamnya. Beragam kandungan tersebut bisa membantu membuatmu mengantuk lebih cepat serta mencegah munculnya kecemasan.

Keju Cottage

Keju cottage merupakan salah satu jenis keju yang bisa membantu kamu tidur cepat. Jenis keju ini memiliki nutrisi yang membantu tidur yaitu asam amino tritofan.

Pistachio

Sekitar 30 gram pistachio merupakan jumlah yang kamu butuhkan untuk tertidur lebih cepat. Sama seperti pisang, pistachio memiliki kandungan nutrisi seperti protein, vitamin B6, serta magnesium yang bermanfaay untuk meningkatkan kualitas tidur.

Sejumlah makanan tersebut bisa sangat membantu agar seseorang tidur lebih nyenyak. Konsumsi sejumlah makanan ini untuk membantumu tidur lebih nyenyak setap malam. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: