Sepuluh Cara Menambah Tinggi Badan Anak dengan Cepat dan Mudah

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 2 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menambah tinggi badan anak merupakan sebuah hal yang kerap dilakukan oleh orangtua. Hal ini merupakan pertanda pertumbuhan anak yang cepat dan sehat.

Ketika tinggi badan anak tidak cepat bertambah, orangtua bakal mengalami kebingungan. Hal ini bisa membuat orangtua menjadi gundah terutama jika pertumbuhan anak tak sesuai yang diharapkan.

Bagi sebagian besar orangtua, tinggi badan anak merupakan penanda utama kesehatan dan pertumbuhan anak. Oleh karena itu, memastikan anak bisa tumbuh tinggi merupakan sebuah hal yang diharapkan orangtua.

Pertumbuhan tinggi badan anak ini salah satunya juga bisa ditentukan oleh gen. Walau begitu, terdapat faktor lain yang berhubungan dengan pertumbuhan ini seperti pola makan sehat serta kondisi kehidupan mereka.

Sejumlah faktor bisa diubah dan diterapkan orang tua untuk menambah tinggi badan anak. Dilansir dari Merdeka.com (31/08/2020), berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan anak dengan cepat dan mudah.

Olahraga Peregangan

Olahraga peregangan bahkan yang sederhana bisa menjadi cara ampuh untuk membanbah tinggi badan anak. Melakukannya sejak dini bisa membantu mempercepat proses bertambahnya berat badan.

Peregangan membantu meningkatkan postur anak serta membantu pertumbuhan tulang belakang. Hal ini bisa dilakukan secara sederhana seperti ketika anak berjinjit dengan punggung menempel dinding dan mencoba untuk meninggikan badan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan anak duduk di lantai dengan kedua kaki terbuka ddengan berusaha meraih kedua jempol kaki dengan tangan.

Pola Makan Seimbang

Menambah tinggi badan anak bisa mulai diupayakan dengan menerapkan pola makan seimbang dan penuh nutrisi. Makanan yang dikonsumsi harus benar-benar sehat dan bernutrisi untuk memastikan agar mereka bisa tumbuh tinggi dan sehat.

Pastikan agar anak mengonsumsi cukup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin untuk keseimbangan pertumbuhan mereka. Pola makan yang seimbang tidak hanya mempengaruhi tinggi badan anak namun juga bisa membantu menjaga kesehatan mereka.

Bergelantung

Bergelantungan merupakan sebuah cara lama yang kerap dilakukan untuk menambah tinggi badan anak. Hal ini diangga bisa membantu pertumbuhan tulang belakang yang sangat penting agar anak bertambah tinggi.

Selain bergelantungan, anak juga bisa melakukan pull-ups atau chin-ups untuk menambah tinggi badan. Kedua jenis latihan ini membuat lengan dan punggung lebih kuat serta membantu tubuh menjadi bugar.

Melakukan Yoga

Yoga bisa menjadi cara yang dilakukan untuk menambah tinggi badan anak. Latihan ini banyak melibatkan peregangan dan keseimbangan sehingga sangat ideal untuk membuat anak menjadi lebih tinggi.

Berbagai gerakan yoga bisa dilakukan untuk membuat sejumlah tubuh bergerak dan meregangkan otot lengan, punggung, serta bahkan kaki. Melakukannya secara rutin bisa membantu untuk pertumbuhan tinggi badan anak menjadi lebih optimal.

Skipping

Skipping merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa berdampak pada seluruh tubuh. Olahraga ini bisa berdampak baik pada jantung dan juga menjadi cara untuk menambah tinggi tubuh anak.

Ketika seseorang melakukan lompat tali, tubuh bakal meregang seluruhnya dan menyebabkan pertumbuhan vertikal pada anak. Olahraga ini juga merupakan jenis olahraga kardio yang luar biasa dan bisa membantunya tetap bugar dan aktif.

Berenang

Berenang merupakan kebiasaan sehat lain yang bisa membuat anak tetap aktif dan senang melakukannya. Berenang bisa menggerakkan semua bagian dan otot tubuh sehingga bisa membantu menambah tinggi badan anak.

Berenang secara rutin dalam waktu lama bisa membantu anak menghilangkan berbagai kelebihan lemak dalam tubuh dan membuat mereka menjadi lebih sehat. Olahraga ini melibatkan banyak peregangan yang memperkuat tulang punggung dan membantu agar menjadi lebih tinggi.

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga luar biasa bagi siapapun termasuk anak. Melakukan jogging juga bisa membantu menambah tinggi badan anak.

Jogging bisa menguatkan tulang di kaki dan meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan di dalam tubuh. Untuk membuatnya jadi lebih menyenangkan, olahraga ini juga bisa dilakukan anak dan orangtua secara bersama-sama.

Tidur

Tidur juga merupakan salah satu aktivitas yang penting dilakukan untuk pertumbuhan anak. Terjadinya masalah tidur bisa menjadi penghambat dalam menambah tinggi badan anak.

Pastikan anak mendapat cukup tidur selama delapan jam setiap malam. Ketika anak tengah tidur, hormon pertumbuhan dilepaskan oleh tubuh dan membantu mereka tumbuh tinggi.

Menjaga Postur

Untuk menambah tinggi badan anak, postur tubuh yang baik dan tepat sangat diperlukan. Membungkuk bisa memberi tekanan yang tak diperlukan pada tulang punggung serta bisa berdampak negatif pada tubuh.

Menerapkan postur tubuh yang baik tidak hanya membantu menambah tinggi badan anak namun juga baik bagi kesehatannya. Hal ini bisa membantu mencegah munculnya masalah tulang di masa mendatang.

Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Kandungan vitamin D ini membantu pertumbuhan otot dan tulang sehingga bisa membantu menambah tinggi badan anak.

Kandungan vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium dari makananmu dan memperkuat tulang. Oleh karena itu, hal ini seharusnya menjadi alasan agar anak lebih banyak bermain di luar ruangan agar mendapat cukup vitamin D.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu untuk menambah tinggi badan anak dengan mudah. Melakukan berbagai hal tersebut bisa membuat perkembangan tubuh anak menjadi lebih optimal. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: