Seperti RI Dan Monako, Negara Ini Mempunyai Warna Bendera Yang Mirip

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 30 Maret 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Bendera kerap kali dijadikan lambang sebuah negara. Berkibar di beberapa acara penting seperti Piala Dunia dan acara internasional lainnya.

Namun siapa sangka sejumlah bendera di dunia memiliki kemiripan atau sama satu sama lain. Seperti warna dan polanya. Salah satunya adalah bendera Indonesia yang terlihat serupa dengan negara Monako.

Berikut ini beberapa bendera dunia yang terlihat serupa atau mirip, dikutip dari Liputan6.com (29/03/2021):

  1. Chad dan Rumania

Bendera Rumania telah berkibar sejak 1861, yang mirip dengan bendera terdahulunya. Sedangkan bendera Chad sendiri berkibar pada tahun 1959, setelah menerima kebebasan dari Prancis.

Awalnya bendera Chad memiliki garis warna hijau, namun karena terlalu mirip dengan bendera Mali, bendera diganti dengan menggunakan warna biru. Tak hanya itu, bendera Andora juga mirip dengan Chad dan Rumania. Namun terletak sebuah lambang ditengah bendera Andora.

Desain dan ukurannya hampir identik, dan hanya pemeriksaan lebih dekat yang menunjukkan sedikit perbedaan warna antara garis vertikal biru, kuning, dan merah.

Desain aslinya memiliki garis hijau, tetapi terlalu mirip dengan bendera Mali, sehingga diganti dengan garis biru. Andorra memiliki bendera yang serupa juga, tetapi dibedakan dari lambangnya yang ditempatkan di tengah.

  1. Senegal dan Mali

Senegal dan Mali ini juga memiliki bendera yang mirip.

Kedua bendera ini memiliki dimensi yang sama dan desain garis vertikal hijau, kuning, dan merah, meskipun ada sedikit perbedaan spektrum pada warnanya.

Selain itu, bendera Senegal dibedakan dengan bintang hijaunya di garis tengah. Guinea juga memiliki bendera serupa, meski garis-garisnya terbalik, merah-kuning-hijau.

  1. Monako dan Indonesia

Indonesia dan Monako memiliki bendera yang mirip dengan warna merah putih. Yang membedakan dari bendera ini adalah, dimensi bendera Indonesia lebih panjang.

Kedua bendera tersebut berasal dari ratusan tahun yang lalu. Bendera Monako didasarkan pada warna heraldik pada perisai lengan Pangeran Monegasque, dan bendera Indonesia berasal dari asosiasinya dengan kerajaan Majapahit.

Yang mirip dengan kedua bendera ini adalah bendera Polandia, namun bendera tersebut memiliki warna yang terbalik.

  1. Selandia Baru dan Australia

Kedua bendera ini didasarkan pada Union Jack yang terletak pada ujung pendera.

Tak hanya itu mereka juga menampilkan Southern Cross, namun yang membedakan kedua bendera ini adalah warna pada Southern Cross-nya. Lima bintang putih berujung tujuh untuk Australia, empat bintang berujung lima merah-putih untuk Selandia Baru. Karena hal inilah warga Selandia Baru mempertimbangkan untuk mengganti benderanya.

  1. Irlandia dan Pantai Gading

Sebenarnya Irlandia dan Pantai Gading tidak terlalu memiliki warna bendera yang mirip, hanya saja warna pada vertikal hijau, putih, dan oranye dapat membingungkan orang.

Perbedaannya adalah garis hijau pada bendera Irlandia berada pada sisi kiri pojok.

  1. Norwegia dan Islandia

Bendera untuk masing-masing negara ini memiliki desain yang identik tetapi dengan warna yang terbalik.

Keduanya berasal dari bendera Denmark, dengan bidang merah dan tanda garis Skandinavia putih. Bendera Norwegia memiliki kolom merah dengan palang biru berbatas putih, sedangkan Islandia memiliki kolom biru dengan palang merah berbatasan putih.

  1. Venezuela, Ekuador, dan Kolumbia

Venezuela, Ekuador dan Kolumbia ini sama-sama terletak pada Amerika Latin.

Bendera dengan garis horizontal kuning, biru, dan merah yang tidak sama diadopsi oleh negara baru Kolombia Gran pada tahun 1822. Meskipun negara itu dibubarkan pada tahun 1830, negara bagian Kolombia, Ekuador, dan Venezuela berikutnya memasukkan desain tiga warna bendera itu ke dalam benderanya masing-masing.

Kolombia dan Ekuador mempertahankan garis kuning yang lebih besar, sedangkan Venezuela memiliki garis-garis dengan ukuran yang sama. Bendera Venezuela dapat dibedakan dengan busur bintang di tengahnya dan dengan lambang negara di sudut kerekan atas. Bendera Ekuador juga menggambarkan lambang negara pada tengah bendera.

  1. Luksemburg dan Belanda

Belanda mulai menggunakan bendera bergaris horizontal merah, putih, dan biru pada pertengahan abad ke-17, warna merah menjadi pengganti warna oranye yang terletak pada bendera. Bendera ini menjadi inspirasi bagi Tricolor Prancis bergaris vertikal setelah Revolusi Prancis pada tahun 1789.

Bendera ini juga mirip dengan bendera Luksemburg. Negara yang independen dari Belanda. Bendera Luksemburg berbeda dari Belanda karena lebih panjang dan menggunakan warna biru yang berbeda.

  1. Slovenia, Rusia, dan Slovakia

Bendera dengan warna putih, biru dan merah ini telah menjadi bendera Rusia sejak abad ke-17.

Bendera ini didasari oleh bendera Belanda. Warna merah, putih, dan biru ini menjadi inspirasi bendera negara Eropa Timur yang lain. Yang mirip dengan bendera Rusia adalah bendera Slovakia and Slovenia.

Hanya saja setiap negara ini memiliki lambang masing-masing negara pada bendera. Beberapa bendera yang juga menyerupai bendera Rusia adalah bendera Serbia dan Kroasia.  (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: