Seperti Conor McGregor, Tiga Atlet Ini Pernah Alami Patah Engkel

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 13 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Patah engkel seperti yang dialami petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Conor McGregor, merupakan jenis cedera yang menjadi momok menakutkan bagi atlet.

Conor McGregor menelan kekalahan menyakitkan dari Dustin Poirier pada duel UFC 264 yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

McGregor harus menyerah dalam duel kelas ringan tersebut setelah ankle atau pergelangan kakinya patah pada akhir ronde pertama.

Dustin Poirier pun dinyatakan menang secara technical knock out atau TKO atas Conor McGregor.

Di dunia olahraga, patah engkel seperti yang dialami Conor McGregor adalah jenis cedera yang sering terjadi.

Mengutip dari Kompas.com (12/07/2021), patah pergelangan kaki atau ankle fracture adalah kondisi saat tulang-tulang di sekitar pergelangan kaki retak atau patah sehingga mengakibatkan sendi bergeser dari posisi normal.

Sepak bola menjadi cabang olahraga di mana atletnya kerap mengalami cedera patah engkel. Sebab, dalam permainan sepak bola, kaki pemain akan sering berbenturan dengan lawan.

Namun, cedera patah engkel tidak hanya menjadi “hantu” bagi pesepak bola. Beberapa atlet dari cabang olahraga lain seperti basket juga pernah mengalami cedera ini.

Berikut rangkuman tiga atlet yang pernah mengalami patah engkel seperti Conor McGregor.

  1. Andre Gomes

Gelandang Everton asal Portugal, Andre Gomes, mengalami cedera mengerikan pada November 2019 lalu.

Pada sebuah pertandingan Liga Inggris, Gomes mendapatkan tekel dari penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Son Heung-min melakukan tekel ketika Andre Gomes mencoba melakukan akselerasi di sisi kiri. Gomes tidak terjatuh, tapi posisinya tidak seimbang sambil mengejar bola.

Serge Aurier yang berada di depannya pun mencoba menghentikan Andre Gomes dengan sebuah tekel. Inisiden ini membuat Gomes cedera patah engkel.

Meski cederanya tergolong parah, Andre Gomes bisa pulih lebih cepat. Pada akhir Februari 2020, Gomes sudah bisa merumput lagi.

  1. Gordon Hayward

Cedera patah engkel juga pernah dialami pebasket Gordon Hayward. Hayward yang kini bermain untuk Charlotte Hornets mengalami cedera tersebut ketika ia masih memperkuat Boston Celtics.

Laga pembuka kompetisi basket NBA musim 2017-2018 menjadi mimpi buruk bagi Gordon Hayward.

Pada pertandingan menghadapi Cleveland Cavaliers, Oktober 2017, Hayward bertabrakan dengan LeBron James dan Jae Crowder.

Hayward lantas terjatuh dan mengalami sebuah cedera horor yaitu engkel kaki kiri tertekuk keluar.

Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan sinar-X, engkel kaki kiri Gordon Hayward dinyatakan patah.

Akibat cedera tersebut, Gordon Hayward harus menepi dari lapangan basket hingga akhir musim. Ia baru kembali bermain pada Oktober 2018.

  1. Jorge Martin

Pebalap MotoGP dari tim Pramac Racing, Jorge Martin, mengalami kecelakaan parah ketika menjalani sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Portugal 2021 pada pertengahan April lalu.

Kecelakaan tersebut membuat Jorge Martin mengalami banyak cedera di bagian tubuhnya.

Saat itu Jorge Martin dikonfirmasi mengalami patah tulang di ibu jari tangan kanan, pergelangan kaki atau engkel kanan, dan lutut kiri.

Jorge Martin pun harus naik meja operasi akibat cedera tersebut. (Uli)