Sepatu Bekas Nike Termahal di Dunia, Terjual Seharga Rp2 Miliar

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 21 September 2019
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indonear.com, New York – Sebanyak 100 sepatu sneaker terlangka di New York, Amerika Serikat dilelang di rumah lelang Sotheby. Koleksi sepatu itu berasal dari Nike, Adidas, dan Air Jordan.

Dari 100 pasang sepatu yang dilelang, sepasang alasa kaki mencuri perhatian masyarakat. Sepatu ini berhasil dijual dengan harga selangit.

Dikutip dari Dream.co.id (20/09/2019), sepatu itu adalah Nike Waffle Racing Flat Moon Shoe. Harga sepatu ini mencapai US$160 ribu atau sekitar Rp2,23 miliar. Seperti pada lelang-lelang sebelumnya, harga miliaran tersebut tentu setara dengan cerita di baliknya.

Sepatu “ Moon Shoe” ternyata didesain oleh Cofounder Nike, Bill Bowerman.

Sepatu yang dibuat pada 1972 ini terinspirasi dari panggangan wafel milik istrinya, dikutip dari Yahoo Sport. Hanya ada 12 pasang yang dibuat oleh Bowerman.

Sepatu ini memulai debutnya pada Olimpiade 1972 di Eugene, Oregon, Amerika Serikat. Atlet yang memakai sepatu ini adalah Dave Russell seorang atlet pelari marathon.

Russell adalah segelintir atlet yang memilih sepatu dari toko atletik sebelum uji coba. Sepatu ini punya sol yang lembut. Biasanya, pelari maraton terbiasa menggunakan sepatu dengan sol keras sebelum tahun 1972. (Uli)