Sembilan Cara Mudah Hilangkan Rasa Gatal Di Selangkangan Pria

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 15 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Area pribadi merupakan tempat yang sangat rentan mengalami berbagai masalah. Kondisi yang rapat dan tertutup menjadikan bagian tubuh ini rawan mengalami masalah kesehatan.

Tidak hanya pada wanita, masalah juga dapat dialami oleh pria. Tumbuhnya bakteri serta kondisi lainnya menyebabkan mungkin munculnya rasa gatal pada area di sekitar kejantanan pria ini.

Salah satu biang kerok munculnya masalah kesehata di daerah ini biasanya disebakan oleh kebersihan yang kurang terjaga. Hal ini terutama ketika lalai membersihkan dan mengganti celana dalam tiap hari.

Sejumlah hal lain juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa gatal di area selangkangan ini. Penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, sisa urine, serta kutu rambut kemaluan bisa menjadi penyebab masalah ini.

Sejumlah cara mudah bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu ini. Dilansir dari Merdeka.com (13/05/2022), berikut sejumlah cara mudah menghilangkan rasa gatal di area selangkangan.

  1. Bilas dan Cuci

Pada saat mandi, jangan lupa bilas dan cuci secara menyeluruh area penis. Gunakan juga sabun untuk menghilangkan sel kulit mati yang menempel. Cara ini bisa menghilangkan bakteri tak sehat yang menyebabkan infeksi dan rasa gatal.

  1. Gunakan Sabun yang Tepat

Pemilihan sabun merupakan hal yang harus diperhatikan. Jangan gunakan sabun yang mengandung banyak bahan kimia dan wewangian karena bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

  1. Pilihan Celana Dalam

Disarankan untuk memilih celana dalam yang tipis, berbahan katun, serta mudah kering. Kondisi lembap pada celana dalam bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat yang menyebabkan rasa gatal pada area selangkangan.

  1. Hati-Hati saat Bercinta

Hindari berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan. Tak hanya menyebabkan gatal, hal ini juga bisa menyebabkan infeksi dan penyakit menular seksual.

  1. Perhatikan Cara Membasuh

Pastikan membasuh dari arah atas ke bawah. Ketika melakukan dengan cara sebaliknya bisa membuat bakteri dari dubur dan anus terbawa ke penis dan menyebabkan infeksi.

  1. Ganti Celana Dalam Teratur

Ganti celana dalam secara teratur setidaknya dua kali sehari bisa membantu mencegah masalah gatal ini. Selain itu pastikan juga membasuh area tersebut sebelum ganti celana dalam.

  1. Cukur Rapi Rambut Kemaluan

Munculnya kutu di rambut kemaluan bisa menjadi penyebab rasa gatal di daerah pribadi. Dengan kondisi potongan rapi setidaknya area vital bisa tetap bersih dan kering.

  1. Pastikan Tetap Kering

Memastikan arena kejantanan tetap kering bisa menghindari dan mencegah rasa gatal. Sisa urine serta rasa lembap bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri penyebab infeksi.

  1. Tahun Kapan Harus ke Dokter

Ketika kondisi gatal disertai warna kemerahan, kamu harus awas dengan kondisi tersebut. Hal ini bisa menjadi tanda adanya infeksi dan kamu perlu segera konsultasi dengan dokter. (Uli)