Semakin Dekat Dengan Gelar Liga Inggris, Ini Kunci Kebangkitan Liverpool

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 11 Maret 2020

Indolinear.com, Jakarta – Liverpool hanya membutuhkan enam poin atau dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini.

Kekalahan pesaing terdekat Liverpool, yaitu Manchester City, dari Manchester United pada laga pekan ke-29 membuat pasukan Juergen Klopp kian kokoh di puncak klasemen Premier League, kompetisi kasta teratas Liga Inggris. Sebab, pada pertandingan lainnya Liverpool mampu mengemas kemenangan 2-1 atas Bournemouth.

The Reds, julukan Liverpool, kini unggul jauh 25 poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua. Dengan sembilan pertandingan tersisa dan jarak poin yang teramat jauh, Liverpool sudah bisa mencium aroma trofi juara Liga Inggris, gelar yang kali terakhir mereka raih 30 tahun silam.

Sebelum meraih kemenangan atas Bournemouth, The Reds sejatinya sempat mengalami periode buruk berupa tiga kekalahan dalam empat pertandingan terakhir. Periode buruk Liverpool dimulai dari hasil minor di markas Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Sempat meraih angka penuh ketika menjamu West Ham pada pertandingan berikutnya, Mohamed Salah dkk kembali menuai hasil buruk berupa kekalahan dari Watford di Liga Inggris dan Chelsea di ajang Piala FA.

Kekalahan dari Watford menjadi pukulan telak bagi skuad The Reds karena itu merupakan kekalahan perdana mereka di Liga Inggris musim ini. Namun, di tengah rentetan hasil buruk, Juergen Klopp mampu menjaga api semangat dalam diri pemain Liverpool tetap berkobar.

Gelandang senior The Reds, James Milner, mengungkapkan bahwa salah satu kunci keberhasilan timnya melewati periode buruk adalah keberadaan sosok manajer seperti Juergen Klopp.

“Dia (Klopp) adalah pemimpin dari kapal ini. Dia mengubah kami menjadi tim yang fantastis. Dia tidak pernah membiarkan kami beristirahat,” ungkap Milner, dikutip dari Kompas.com (10/03/2020).

“Kami harus terus bekerja keras dan meningkatkan permainan.” “Ketika ada yang tidak beres dalam latihan, kami mendapat pesan seperti roket darinya dan itu tidak akan cukup. Namun, semua pemain menerima itu dengan sangat baik,” beber Milner.

Milner menambahkan, suntikan motivasi yang diberikan Klopp pada setiap sesi latihan membuat para pemain Liverpool selalu bergairah untuk meraih kemenangan demi kemenangan. Baca juga: Liverpool vs Bournemouth, Rekor 48 Tahun Silam Pecah

“Kami selalu melakukan yang terbaik untuk bangkit karena kami sadar bisa melakukan itu,” ujar Milner.

“Itu sangat penting. Namun, semuanya berawal dari manajer,” tegas Milner.

Liverpool kini menguasai puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 82 poin. Stadion Anfield yang menjadi markas kebanggaan Liverpool pun tampaknya tinggal menunggu waktu untuk merayakan pesta gelar juara Liga Inggris musim ini. (Uli)

INDOLINEAR.TV