Selama Libur Nataru, Wakil Walkot Bekasi Melarang Warga Pergi Ke Luar Kota

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 25 Desember 2021

Indolinear.com, Jakarta – Wakil Walikota (Walkot) Bekasi Tri Adhianto Tjahyono melarang warga Bekasi melakukan perjalanan ke luar kota selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kami arahkan untuk tetap di rumah saja dan bersabar sehingga Kota Bekasi bisa berlari mengejar pertumbuhan ekonomi,” tutur Tri, dilansir dari Kompas.com (24/12/2021).

Hal itu disampaikan Tri dalam apel Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersama Kepolisian Resor (Polres) Metro Bekasi Kota dan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0507/Bekasi.

Adapun Operasi Lilin 2021 diselenggarakan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Natal 2021 dan malam Tahun Baru 2022 di Kota Bekasi.

Selain melarang warga bepergian ke luar kota, Tri juga meminta agar warga tidak berkerumun selama libur Nataru.

“Kasus Covid-19 Omicron yang dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo, di Indonesia sudah ada lima orang. Ini terus kami antisipasi supaya tidak ada kenaikan,” katanya.

Ia pun mengimbau agar seluruh warga Bekasi taat menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Satgas Penanganan Covid-19 sendiri mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021 yang meminta warga untuk mematuhi prokes 6M.

Adapun 6M yang dimaksud meliput memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

Terkait pelaksanaan Operasi Lilin 2021, Tri mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada masyarakat yang masih tidak taat prokes, kemudian tahap terakhir akan dilakukan pembubaran kerumunan.

“Karena ini operasi kemanusiaan, jadi tetap akan dilakukan dengan cara yang humanis, dengan cara yang humble,” jelas Tri.

Menurutnya, kekuatan Pemkot Bekasi untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 selama libur Nataru terdiri dari unsur masyarakat, di dalamnya terdapat Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polres, dan pemerintah daerah yang menerjunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, sampai ke tingkat kelurahan dan kecamatan.

Ia berharap, seluruh komponen masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan pada Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2022. (Uli)

loading...