Sekjen PMI Menghadiri Pertemuan Global Migration Leadership Group IFRC di Swiss

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 20 Juni 2022

Indolinear.com, Swiss – Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said menghadiri pertemuan Global Migration Leadership Group (GMGL) yang digelar International Federation of Red Cross (IFRC) di Geneva, Swiss.

Pertemuan ini menjadi bagian dari seluruh rangkaian General Assembly IFRC yang diseleggarakan 19 sampai 23 Juni 2022 di kota yang sama.

“Forum ini akan membahas berbagai isu migrasi baik disebabkan oleh bencana, konflik, maupun karena sebab lain, yang selanjutnya akan merumuskan strategi dan respon dari gerakan kepalangmerahan internasional terhadap isu tersebut. Ini semacam stock taking dan saling belajar sesame organisasi nasional dari berbagai negara,” kata Sudirman Said, dilansir dari Tribunnews.com (19/06/2022).

Pertemuan Global Migration Leadership Group diikuti oleh para Ketua atau Sekretaris Jenderal organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 20 negara.

Mereka akan mendiskusikan pengalaman dan pembelajaran dalam penanganan isu migrasi, mulai dari penanganan kesehatan, hunian, pemulihan hubungan keluarga (family link restoration), sampai dengan pemulihan kehidupan ekonomi para pengungsi.

Sudirman menjelaskan, PMI secara terus mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan pengungsi dari berbagai negara yang dilanda konflik.

Seperti diketahui selama ini Indonesia sering menjadi tujuan atau tempat singgah para pengungsi korban konflik, mulai dari Afganistan, Myanmar, bahkan dulu Vietnam.

“Peran PMI focus pada bantuan kemanusiaan, dan tidak memasuki wilayah politik maupun hubungan diplomasi. Respon darurat kemanusiaan seperti memberikan makanan, layanan kesehatan, hunian sementara, dan menyambungkan mereka dengan keluarga, kami lakukan. PMI juga bekerjasama dengan Lembaga-lembaga lain termasuk Lembaga internasional PBB maupun NGO lokal yang bergerak dalam bidang kemanusiaan,” kata Sekjen PMI.

Pertemuan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di Geneva akan membahas berbagai isu strategis Gerakan kepalangmerahan dan isu kemanusiaan global, termasuk pemilihan President dan Board Members of IFRC. (Uli)

loading...