Sekjen Kemkominfo: Kami Berkomitmen Kikis Kesenjangan Digital Lewat Beragam Cara

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 22 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Mira Tayyiba mengatakan, kesenjangan akses internet dan literasi digital di kalangan masyarakat nantinya dapat diperkecil. Hal itu melalui aksi nyata dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang rencananya selesai pada tahun 2022.

“Masyarakat akan melihat bahwa lebih dari 83.000 desa di seluruh tanah air akan dicakup oleh jaringan broadband 4G. Urgensi ini, terwujud dalam agenda transformasi digital Indonesia, di mana penguatan infrastruktur digital menjadi hal terpenting,” tuturnya dalam sesi Diskusi Konektivitas dan Inklusi Sosial 1st Digital Economy Task Force Meeting G20 Italy, dari Kantor Kemkominfo, Jakarta, dilansir dari Merdeka.com (21/02/2021).

Bahkan dalam mewujudkan transformasi digital inklusif, Pemerintah Indonesia juga menargetkan peluncuran Satelit Troughput Tinggi SATRIA-1 pada kuartal ketiga tahun 2023.

“Satelit ini menjadi salah satu lapisan pendekatan kita dalam mendukung sektor pendidikan, kesehatan, pertahanan, dan layanan publik dengan menyediakan akses internet di seluruh 501.000 titik akses publik di tanah air,” ungkap Sekjen Mira

Sekjen Kementerian Kemkominfo juga menyatakan, langkah lain yang dilakukan Indonesia untuk memastikan jangkauan jaringan yang lebih luas adalah dengan berupaya membina kerjasama dalam pembangunan infrastruktur antara sektor publik dan swasta, serta sesama sektor swasta.

“Selain itu, UU Cipta Kerja 2020 Indonesia menjadi salah satu instrumen utama yang mendorong kerja sama untuk pembangunan, khususnya melalui sharing infrastruktur. Kami juga secara konsisten melaksanakan program kewajiban layanan universal (USO) untuk menopang pembangunan infrastruktur telekomunikasi di pelosok Indonesia,” paparnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: