Sekjen DPR RI Melantik Kepala Biro Pemberitaan Parlemen

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Selasa, 16 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar melantik Indra Pahlevi sebagai Kepala Biro Pemberitaan Parlemen yang baru dan dua Pejabat Eselon IV, serta Enam Pejabat Fungsional di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI. Pelantikan ini menurut Indra hendaknya dimaknai sebagai sebuah peristiwa yang harus dilakukan untuk mengisi jabatan-jabatan kosong baik pejabat non stuktural maupun jabatan fungsional.

Meski demikian dalam pelantikan kali ini ada yang istimewa, yakni pengisian jabatan Kepala Biro Pemberitaan Parlemen yang sejak beberapa bulan silam posisi tersebut kosong. Hingga kemudian dilakukan mekanisme open bidding hingga asesmen ulang sumber daya yang ada di Setjen DPR RI oleh Pansel dan Tim Baperjakat, dan akhirnya terpilihlah Indra Pahlevi sebagai Kepala Biro Pemberitaan Parlemen.

“Saya tentu berharap banyak dengan nakhoda baru. Dengan Pak Indra Pahlevi ini, Pemberitaan Parlemen akan lebih maju lagi. Saya sangat yakin karena Pak Indra ini juga seorang praktisi pemikir. Sehingga saya kira tertentu akan dievaluasi dan diperbaiki segera ke depan. Dan yang paling penting dilakukan adalah bagaimana menyajikan secara professional kepada masyarakat, kepada publik apa yang dikerjakan anggota dewan,” jelas Indra Iskandar usai melantik Pejabat Struktural dan Fungsional Setjen DPR RI, dilansir dari Dpr.go.id (15/11/2021).

Indra mengakui, pemberitaan terutama yang menyangkut kegiatan kedewanan harus dieksplorasi secara maksimal. Dengan kata lain, perlu inovasi-inovasi baik di TV Parlemen, Media Cetak dan Media sosial, serta bagian Penerbitan yang semuanya tentunya harus mengarah pada konsep parlemen modern. Hal tersebut penting diimplementasikan agar kinerja-kinerja dewan tersampaikan dengan baik.

Ditemui usai pelantikan, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi mengungkapkan, dirinya mengawali tugas baru yang diamanahkan kepadanya ini dengan sebuah ucapan  Bismillahirrahmanirrahim. Ia mengakui bahwa tugas yang diamanahkan itu memang bukan hal yang mudah. Ia yakin dengan doa, tekad dan niat baik dari semua, maka hal yang sulit dan tidak mudah itu akan dapat dijalani dengan baik.

“Dalam menjalankan tugas ini, tidak ada yang sulit, selagi ada doa, tekad dan niat baik, (tentunya dukungan dari Sekjen dan pejabat eselon satu lainnya), dan seluruh Tim Biro Pemberitaan Parlemen, maka hal yang sulit itu bisa kita jalani dengan baik. Saya sadari di Biro Pemberitaan ini SDM nya luar biasa besar, tinggal bagaimana kita sama-sama maju. Mari bersama kita bangun biro ini. Mohon dukungan teman-teman semua ,” ungkap Indra Pahlevi.

Indra Pahlevi memang bukan orang baru bagi Kesetjenan DPR RI. Doktor lulusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian, Badan Keahlian DPR RI. Bahkan sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil, Indra juga pernah menekuni bidang jurnalistik.

Selain Indra Pahlevi, ada dua pejabat structural Setjen DPR RI yang ikut dilantik, yakni Beny Rahbandiosa Sabri yang dilantik sebagai Kepala Subbagian Rapat Sekretariat Kerja Sama Organisasi Internasional, Bagian Sekretariat Kerja Sama Organisasi Internasional, dan Saeful Anwar sebagai Kepala Subbagian Tata Laksana Bagian Organisasi dan Tata laksana.

Sementara enam pejabat fungsional yang ikut dilantik adalah Hariyanto, Ernawati, dan Rina Sartika Pamela, ketiganya sebagai Fungsional Analis Pemantauan Peraturan Perundang-undangan Legislatif Ahli Muda. Sementara itu Rizki Emil Birham, Tri Suharto Clinton, dan Antonius Sam Turnip masing-masing sebagai Fungsional Analis Pemantauan Peraturan Perundang-undangan Legislatif Ahli Pertama. (Uli)