Sekjen DPR Menyarankan Biro Pemberitaan Parlemen Bikin Konsep Kantor Berita

FOTO: jpnn.com/indolinear.com
Senin, 15 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyarankan agar Biro Pemberitaan Parlemen memiliki konsep kantor berita.

Menurutnya, konsep kantor berita DPR harus sudah dipikirkan untuk menyambut era digital dan penyeimbang media-media publik di luar lembaga tersebut.

“Seperti kantor berita ANTARA,” kata Sekjen Indra saat memberi sambutan pada Focus Group Discussion (FGD) Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR bertajuk “Konvergensi Media Internal DPR RI, Sinergi Mewujudkan Parlemen Modern” di Sentul, Bogor, Jawa Barat, dilansir dari Jpnn.com (14/11/2021).

Dia menekankan dari kantor berita itulah semua kinerja positif para anggota parlemen terlihat, sekaligus menyajikan semua informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Sekjen Indra mengingatkan kepada jajaran Biro Pemberitaan Parlemen bahwa DPR merupakan pemilik informasi awal dan penting. Namun yang terjadi jangan sebaliknya, media internal DPR justru mengutip berita dari media luar.

“Media internal DPR harus mampu mengemas dengan baik semua informasi kinerja DPR untuk disebarluaskan kepada publik,” sarannya.

Tak hanya itu, berita-berita yang disajikannya harus memiliki ketajaman dalam melihat semua aspek yang sudah dilakukan DPR.

“Konsep itulah yang harus kita pikirkan. Bila media luar ingin mendapat informasi eksklusif, dia minta ke Biro Pemberitaan Parlemen,” kata Sekjen Indra.

Karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut menurut Sekjen Indra tidak bisa lagi bekerja dengan biasa saja, tetapi harus mulai dengan berpikir strategis membuat tagline dan tajuk-tajuk yang menarik.

“Pola kerja Biro Pemberitaan akan kita evaluasi. Ini adalah PR besar bagi kita semua. Saya harap teman-teman punya sinergi yang sama,” ujarnya.

Sesi FGD juga diisi dengan diskusi yang menghadirkan narasumber Peneliti (Madya) Bidang Komunikasi dan Media di Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR Handrini Ardiyanti dan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho.

Turut hadir pejabat di lingkungan Setjen DPR, yaitu Inspektur Utama Setyanta Nugraha, Plh Deputi Persidangan Chairil Patria, Kepala Biro Organisasi dan Perencanaan Aulia Sofyan, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Irfan, Kepala Bagian Televisi dan Radio Parlemen M Najib Ibrahim, serta pegawai di Biro Pemberitaan Parlemen. (Uli)