Sejumlah Pemain Belum Kembali, Latihan Juventus Terancam Ditunda

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 7 Mei 2020

Indolinear.com, Jakarta – Latihan tim Juventus terancam tertunda karena sejumlah pemain andalan belum kembali ke Italia.

Juventus berencana kembali menggelar latihan tim mulai 18 Mei 2020 nanti. Rencana latihan itu disusun menyusul kondisi Italia mulai membaik dari pandemi virus corona yang sempat membuat seluruh kompetisi terhenti.

Kondisi yang telah membaik membuat pemerintah Italia mengizinkan atlet kembali berlatih mulai 4 Mei 2020. Lampu hijau dari pemerintah pun disambut baik oleh klub-klub sepak bola Italia dengan langsung mengagendakan latihan tim.

Sejumlah klub telah mengonfirmasi akan menggelar latihan kembali meski harus mengikuti protokol ketat. Empat klub Liga Italia, yakni Sassuolo, Bologna, Parma, dan AS Roma, mulai menggelar latihan pada Senin (4/5/2020).

Juventus sebagai salah satu klub di Italia juga mulai memanggil kembali para pemainnya untuk menggelar latihan pada 18 Mei nanti. Akan tetapi, rencana Juventus itu tampaknya akan tertunda karena sejumlah pemain masih berada di negara masing-masing.

Setiap pemain yang baru saja datang dari negaranya, harus melakukan protokol isolasi diri selama 14 hari ke depan, seperti halnya Cristiano Ronaldo, dilansir dari Kompas.com (06/05/2020).

Cristiano Ronaldo baru tiba di Turin pada Senin (4/5/2020) pukul 22.23 waktu Italia atau Selasa (5/5/2020) pukul 03.23 WIB. Ia datang bersama pasangan dan 4 anaknya.

Cristiano Ronaldo pun harus menjalani protokol isolasi selama 14 hari ke depan sebelum bisa bergabung dengan latihan Juventus. Selain Ronaldo, pemain-pemain lain seharusnya dijadwalkan tiba di Turin pada Senin (4/5/2020).

Namun, sejumlah pemain belum terlihat di Italia dan tidak diketahui kabarnya. Beberapa pemain Juventus yang masih berada di negara masing-masing adalah Gonzalo Higuain, Sami Khedira, Alex Sandro, Danilo, Douglas Costa, Wojciech Szczesny, Blaise Matuidi, Adrien Rabiot, dan Matthijs de Ligt.

Hal ini membuat Juventus terancam menjadi satu-satunya tim Italia yang bakal molor menggelar latihan pasca-pandemi Covid-19. Keputusan kontroversial Juventus yang mengizinkan pemain untuk pulang ke negara masing-masing ditengarai menjadi penyebabnya.

Sebab, klub-klub lain di Serie-A  tidak menginzinkan pemain asingnya untuk pulang ke negara mereka demi menaati aturan lockdown yang diberlakukan pemerintah Italia.

Kontroversi terakhir terjadi saat Matthijs de Ligt berhasil pulang ke Belanda untuk menjenguk neneknya sebelum masa lockdwon di Italia berlaku.

Adapun sejumlah pemain Juventus yang berada di Italia telah melakukan latihan mandiri secara individiual di Continassa Juventus Training Center pada Selasa (5/5/2020).

Beberapa pemain yang sudah berlatih mandiri di markas Juventus adalah Aaron Ramsey dan Leonardo Bonucci. Walau sudah menuju ke pusat latihan Juventus, latihan masih berbasis individual dan dilakukan setelah sang pemain menjalani tes Covid-19 pada hari sebelumnya.

Sementara itu, Sassuolo adalah klub pertama yang menggelar latihan pada Senin (4/5/2020) dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan ketat.

Para pemain Sassuolo hanya berlatih di lapangan latihan, tidak di dalam ruangan. Ruang ganti ditutup, jadi pemain harus datang ke tempat latihan dengan sudah memakai peralatan lengkap dan langsung pulang ke rumah setelah latihan selesai.

Mereka dibagi dalam dua kali shift, yaitu pukul 09.00 dan 13.00. Di masing-masing shift, para pemain dibagi lagi ke tiga lapangan di pusat latihan Mapei. Di setiap lapangan, latihan diawasi masing-masing satu orang petugas keamanan, fisioterapis, dan dokter.(Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

INDOLINEAR.TV