Sejarah Mobil Pertama di Dunia, Dari Mesin Uap Sampai Bensin

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 29 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Mobil kini menjadi alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat, tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Berbagai produsen roda empat hadir dengan membawa berbagai model kendaraan, mulai dari mobil penumpang hingga komersial.

Dalam perjalanan perkembangan mobil hingga akhirnya bisa dikendarai sehari-hari, banyak sekali teknologi yang telah menyentuh transportasi ini. Penemuan mobil dimulai pada 1769 berkat seorang ilmuwan dari Prancis yang bernama Nicolas J. Cugnot.

Mengutip dari Liputan6.com (27/05/2022), Nicholas J Cugnot menciptakan kendaraan dengan roda tiga berbadan cukup besar. Namun karena teknologi mesin saat itu belum berkembang seperti sekarang, maka yang digunakan untuk menggerakan mobil adalah mesin bertenaga uap.

Bisa dibilang kendaraan yang diciptakan Nicolas J. Cugnot menjadi cikal bakal mobil. Pada saat ini kendaraan ini hanya dipakai untuk mengangkut meriam untuk perang. Melihat bagaimana kendaraan ini bisa berguna, muncul ilmuwan lainnya dari berbagai belahan dunia yang berusaha mengembangkannya.

Ada William Murdock dan James Watt di Inggris, Richard Trevithick serta Sir G. Gurney yang menciptakan mobil berkecepatan 20 km/jam, hingga Joseph E. Lenoir dengan gebrakan awal mula mesin mobil bertenaga bahan bakar. Mobil dengan tenaga uap sudah perlahan-lahan dikembangkan dan beralih ke bahan bakar.

Ya, Joseph E. Lenoir berhasil menciptakan mesin dengan bahan bakar campuran batu bara, gas, dan udara atmosfer pada tahun 1860. Di lain tempat, tepatnya Jerman, Karl Benz mencoba mengembangkan mobil berbahan bakar bensin.

Karl Benz Kembangkan Mobil Bensin Pertama

Pada waktu yang hampir bersamaan, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach juga membuat mobil dengan mesin berbahan bakar bensin.

Namun pada akhirnya, Karl Benz berhasil menciptakan versi sempurna dari mobil ciptaannya dan dipatenkan pada tahun 1879 sebagai mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar bensin.

Inilah yang akhirnya menjadi tonggak utama dari perkembangan mobil saat ini. (Uli)

loading...