Sediakan Sanitasi Layak, Disrumkim Depok Akan Tambah Sembilan IPAL

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Jumat, 11 Januari 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) terus berupaya menyediakan sanitasi layak bagi warga di Kota Depok. Salah satu upayanya dengan menambah pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  komunal bagi warga prasejatera yang tinggal di kawasan padat penduduk.

Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok, Sukanda menuturkan, tahun ini terdapat sembilan unit IPAL yang akan dibangun. Di mana titiknya berada di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Kelurahan Ratu Jaya. Selain itu, ada juga di Kelurahan Cilodong, Kelurahan Leuwinanggung, Kelurahan Pondok Cina, Kelurahan Cipayung Jaya, Kelurahan Depok, dan Kelurahan Bojong Pondok Terong.

“Pembangunan IPAL tahun ini berasal dari tiga jenis pembiayaan. Di antaranya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2 unit, bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 4 unit, dan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta 3 unit,” ujarnya dilansir dari depok.go.id.

Dikatakannya, setiap unit IPAL yang dibangun memiliki kapasitas 300 meter kubik. Dengan kapasitas tersebut mampu menampung limbah dari 30-35 kepala keluarga (KK).

“IPAL yang sekarang juga terbuat dari bahan kedap air dan ramah lingkungan, sehingga meskipun ditimbun di dalam tanah tidak akan mencemari lingkungan sekitarnya,” katanya.

Dia menambahkan, pembangunan sembilan unit IPAL tersebut tidak dilakukan secara serentak. Untuk IPAL yang pembiayaannya dari APBD akan dilakukan pada bulan Maret, IPAL dari DAK di bulan Juni, dan IPAL bantuan dari Pemprov DKI Jakarta di bulan Oktober.

“Seluruh pembangunan IPAL ditargetkan rampung akhir 2019,” tandasnya.(pit)

%d blogger menyukai ini: