Seberapa Perlu Mandi Setiap Sampai Rumah Walau Hanya Pergi Sebentar?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 9 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, terdapat sejumlah hal yang harus kita terapkan secara disiplin. Salah satu kebiasaan yang harus dilakukan ini adalah mandi saat sampai rumah.

Mandi setelah sampai rumah memang merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan. Namun banyak yang bertanya apakah hal ini harus dilakukan walau hanya pergi keluar rumah sebentar?

“Harus tetap (mandi), keluar durasi sebentar atau lama tidak menjamin pajanan (tak menempel pada pakaian atau kulit). Pada dasarnya saat sudah ke luar rumah, kembali harus membersihkan diri dengan mandi bukan hanya mencuci muka,” ujar ahli dermatologi dr. Fitria Agustina beberapa waktu lalau dilansir dari Merdeka.com (07/09/2020).

Saat sampai di rumah, sebelum bercengkrama dengan anggota keluarga, segeralah lepas pakaian Anda dan menaruhnya di tempat seharusnya. Jangan membiarkannya tercecer karena bisa saja ada kuman, bakteri bahkan virus menempel.

Setelahnya segeralah mandi. Anda bisa menggunakan air dingin atau hangat untuk mandi, sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih air hangat, pastikan suhunya 37-38 derajat Celcius dengan durasi maksimal 10 menit agar tidak mengganggu kelembapan kulit.

“Kalau nyaman dengan air dingin, silakan. Jika menggunakan air suhu yang direkomendasikan yakni 37-38 derajat Celcius sebetulnya suhu tubuh tidak akan panas. Rasa panas mungkin karena suhunya tidak tepat. Boleh dibilas lagi air dingin biar rasanya tidak sumuk,” tutur Fitria.

Kemudian, sekalipun menggunakan air hangat, tetaplah menggunakan sabun dengan pH seimbang. Hal ini dilakukan untuk mengeliminasi bakteri-bakteri jahat yang menempel di tubuh terutama setelah Anda pergi ke luar rumah.

Kadar pH seimbang juga bermanfaat untuk mencegah kulit iritasi. Fitria mengingatkan, mandi yang benar harus benar-benar membasahi seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Dalam kesempatan berbeda, pakar dermatologi, dr. Litya Ayu mengatakan mengoleskan pelembap pada kulit maksimal lima menit usai mandi bisa menjadi cara menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya dehidrasi.

“Setelah mandi segera gunakan pelembap, maksimal lima menit (setelahnya) langsung pakai pelembap, agar air terperangkap di dalam kulit,” terangnya.

Kulit dehidrasi mengalami kekurangan molekul air yang disebabkan beragam hal antara lain penuaan akibat stres, kurang tidur, pemakaian produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: