Sebelum Dinas Luar Negeri, Ini Pesan Ibu Mega ke Presiden Jokowi

Minggu, 25 Oktober 2015
Nasional | Uploader Arif
loading...

JAKARTA – Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri menyambangi Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara,Sabtu (24/10/2015). Tujuan kedatangan ketua umum PDI Perjuangan itu adalah makan siang dengan Presiden Joko Widodo, sekaligus membahas berbagai persoalan terkini.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang mendampingi Megawati saat berkunjung ke Istana Negara mengatakan, banyak hal strategis yang dibahas pada pertemuan itu. Menurut Hasto, ada masukan dari Megawati ke Jokowi -sapaan Joko Widodo- yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat.

“Mengingat Presiden Joko Widodo akan segera bertolak ke Amerika Serikat, tentunya sangat relevan bagaimana kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif dijalankan. Terlebih lagi posisi geopolitik Indonesia sangat strategis,” ujar Hasto usai pertemuan itu.

Selain masalah hubungan luar negeri, Jokowi dan Megawati juga membicarakan persoalan kabut asap yang tak kunjung reda. Megawati juga berpesan ke Jokowi tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan nasional karena bisa saja ada pihak ketiga yang menunggangi bencana.

“Jangan sampai ada pihak ketiga yang menggunakan hal itu untuk kepentingan politik tertentu. Karena itulah selain membahas bagaimana menangani bencana asap, aspek-aspek politik strategis juga disinggung. Apapun yang terjadi, pemerintah harus menggunakan seluruh daya upaya, agar rakyat tidak menjadi korban,” ujar Hasto.

Selain itu, ada juga hal-hal ringan yang dibicarakan. Misalnya tentang pengalaman Megawati saat masih tinggal di Istana Negara mengikuti ayahnya, Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Megawati juga secara langsung menyampaikan rasa berbelasungkawa atas meninggalnya Ny Insani Wirorejo yang juga nenek Jokowi.

Sedangkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang ikut dalam pertemuan itu menambahkan, ada juga hal menggembirakan yang dibicarakan oleh Jokowi dan Megawati. “Salah satu yang menggembirakan, inflasi sudah berhasil ditekan dengan baik,” kata Pramono Anung.

(ara/JPG/pojoksatu/zul)

Sumber : Pojoksatu.id