Sebelas Langkah Jitu Agar Anda Berhenti Merokok Sekarang Juga

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 12 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Salah satu penyakit yang menjadi ancaman bagi seorang perokok berat adalah kanker paru-paru. Sebab, setiap isapan rokok mengandung banyak racun yang masuk dalam tubuh.

Organ yang paling terancam akibat merokok adalah paru-paru. Bagi perokok berat yang sudah berencana untuk berhenti merokok, Anda bisa menggunakan sejumlah cara ini.

Jika Anda berniat dan berjanji untuk tidak merokok, maka sejumlah cara ini bisa Anda lakukan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Seperti dikutip dari Liputan6.com (10/08/2020), berikut 11 jurus jitu agar berhenti merokok sekarang juga:

  1. Tentukan secara jelas kapan Anda akan benar-benar berhenti merokok. Buat perjanjian dengan diri Anda sendiri. Jikapun Anda ingin merokok maka tentukan kapan waktu yang tepat. Seperti saat sedang stress akibat pekerjaan dan sebagainya, itupun juga harus dibatasi.
  2. Bersihkan rumahmu. Buang semua asbak, korek api, dan rokok yang Anda miliki. Jika ada orang yang merokok yang tinggal bersama Anda dan tidak akan menyerah, mintalah mereka untuk menghargai pilihan Anda dan cobalah untuk tidak merokok ketika mereka berada di dekat Anda.
  3. Jika ada hasrat untuk merokok, maka segeralah ambil segelas air lalu minum.
  4. Kurangi konsumsi kopi dan minuman manis lainnya. Sebab, Anda terbiasa minum kopi dengan rokok.
  5. Beri tahu teman atau pengikut di media sosial. Ini akan jadi motivasi Anda dan teman menjadi saksi keputusan Anda. Jika melanggar, tentu ada rasa malu.
  6. Coba tantang diri Anda untuk tidak membawa rokok kemana pun Anda pergi. Misalnya saat pergi ke luar kota Anda meninggalkan rokok di rumah dan tidak membawanya sama sekali.
  7. Kunjungi rumah sakit terdekat tempat orang dengan kanker paru-paru. Tanyakan apa pendapat mereka tentang merokok. Pengalaman itu akan mengejutkan Anda.
  8. Habiskan dana membeli rokok untuk mengonsumsi beenda yang bermanfaat. Buah-buahan atau makanan lain.
  9. Jika Anda merasa tidak tahan dan ingin merokok, maka bisa langsung gosok gigi atau kumur-kumur dengan air dingin. Atau Anda bisa minum segelas susu.
  10. Cobalah untuk mengunyah permen karet tiap kali Anda ingin merokok. Ini akan membuat otak Anda teralihkan.

11. Ini adalah metode lain yang efektif tetapi aneh. Saat Anda ingin merokok, cium sesuatu yang menjijikkan. Jika Anda melakukan ini secara teratur, maka segera, keinginan untuk merokok akan dikaitkan dengan rasa jijik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: