Sebelas Cara Bisa Tidur Nyenyak Walau Hawa Tengah Panas

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 13 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tidur nyenyak merupakan sebuah hal yang kita perlukan setiap hari. Hal ini bisa sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup dan kesehatan kita.

Tidur nyenyak ini sayangnya bisa sangat mudah terganggu ketika udara tengah panas. Tinggal di negara tropis membuat kita harus terbiasa dengan udara yang gerah di siang dan malam.

Hawa panas ini juga bakal menyiksa ketika kamu merupakan seseorang yang kerap mengalami masalah tidur. Hal ini bisa semakin membuatmu kesulitan dalam memejamkan mata di malam hari.

“Temperatur sangat penting pada kemampuanmu untuk tidur, sayangnya hal ini sering kurang dipahami,” terang Matthew Ebben, PhD, asister professor di NYP/Weill Cornell Center for Sleep Medicine.

“Bagian dari ritme biologismu termasuk mendinginkan tubuh pada saat tidur di malam hari,” sambungnya.

Hawa panas yang muncul ini bisa sangat menganggu upaya tubuh untuk lebih cepat tertidur. Padahal, temperatur yang nyaman bagi kita tertidur adalah 25 derajat Celcius.

Sayangnya, ketika kamar kita terpapar panas selama seharian, pada malam hari udara di dalam kamar bakal tetap panas. Hal ini tentu mengganggu upaya kita agar bisa tidur nyenyak.

Sejumlah hal bisa kamu lakukan agar tetap tidur nyenyak kendati udara tetap panas. Dilansir dari Merdeka.com (11/06/2021), berikut sejumlah cara agar kamu tetap bisa tidur nyenyak di tengah udara panas.

Jangan Tidur Tanpa Pakaian

Tidur tanpa pakaian tampak seperti sebuah hal yang masuk akal dilakukan ketika udara panas. Sayangya hal ini justru bisa membuat hawa terasa semakin panas dan kamu kesulitan tidur nyenyak.

“Banyak orang yang menyarankan untuk tidur tanpa pakaian,” terang Sophie Bostock, PhD, pakar masalah tidur di The Sleep Scientist.

“Namun hal ini tidak akan membantu karena keringat bisa memenuhi tubuhmu dan tidak diseka menggunakan lapisan penyerap kelembapan seperti pakaian sehingga hal ini tidak membantu mendinginkan tubuh,” sambungnya.

Kamu disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan katun atau bahan lain yang bisa menyerap kelembapan.

Dinginkan Tubuh

Mandi Sebelum Tidur

Udara panas yang muncul kerap membuatmu ingin mandi terus-menerus. Hal ini rupanya juga bisa berdampak positif ketika kamu ingin tidur nyenyak di malam hari.

Kamu tidak perlu mandi dengan air dingin untuk mendinginkan tubuh sebelum tidur nyenyak. Kamu juga bisa mandi dan berendam dengan air hangat untuk memperoleh manfaat ini.

“Jika kamu menghangatkan tubuhmu sebelum tidur dan kemudian tidur di ruang dengan temperatur normal, data menunjukkan bahwa kamu bisa meningkatkan tidur gelombang lambat,” terang dr. Ebben.

Pilih Ruangan dengan Temperatur paling Dingin

Jika bisa, pindahlah pada kamar lain yang lebih dingin agar kamu cepat tertidur nyenyak. Jika tidak ada ruangan lain, kamu bisa menutupi kamar dan mencegah paparan sinar matahari langsung pada kamarmu dan membuatnya segelap mungkin.

Lakukan Persiapan Sebelum Tidur

Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga secara ringan sebelum tidur bisa membantu kamu tidur nyenyak. Banyak yang berpikir bahwa berolahraga sebelum tidur bisa membangunkan tubuh sehingga kamu sulit tidur, padahal yang terjadi adalah sebaliknya.

“Olahraga sebelum tidur bisa menghangatkan tubuh yang membantu menimbulkan tidur gelombang perlahan,” terang dr. Ebben.

Pastikan saja agar tidak melakukan olahraga terlalalu keras dan membuat tubuh menjadi panas serta tak nyaman. Olahraga yang tepat untuk kamu lakukan asalah berjalan perlahan atau melakukan yoga secara perlahan selama 30 menit.

Lakukan Latihan Pernapasan

Ketika panas yang kamu rasakan sudah tak tertahan serta membuatmu sulit tidur, kamu bisa melakukan latihan pernapasan. Menenangkan pikiran dan melakukan latihan pernapasan secara perlahan bisa membantu mengusir rasa panas dan membantu kamu untuk tidur dengan lebih mudah.

Siapkan Alat Pendukung

Gunakan Kipas Angin

Menggunakan kipas angin merupakan alternatif yang mudah dilakukan dan lebih murah selain AC. Suara white noise dari kipas angin disebut dr. Ebben bisa membantu menyamarkan suara lain dan membantumu cepat tertidur.

Walau begitu, kamu disarankan tidak mengarahkan kipas angin langsung ke tubuhmu namun ke arah sebaliknya untuk membuang udara panas. Hal ini bisa membantu kamu tidur nyenyak dan lebih cepat.

Gunakan Ice Packs

Menggunakan kompres dingin atau ice packs yang dibungkus handuk pada beberapa titik tubuhmu bisa membantu mendinginkan tubuhmu. Kompres bagian persendian, siku, belakang lutut, serta leher untuk mendinginkan tubuh agar kamu mudah tidur nyenyak.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menempatkan ice packs di bagian bawah bantal. Hanya saja pastikan agar air tidak merembes keluar dan memunculkan masalah.

Atur Kasur

Gunakan Seprai yang Tepat

Menggunakan seprai dari bahan yang tepat bisa sangat membantu untuk tidur nyenyak. Seprai dengan bahan katut bisa membantu lebih sejuk dibanding bahan lain. Oleh karena itu, bahan ini sangat tepat digunakan ketika udara tengah panas.

Jangan Gunakan Bantal dengan Memory Foam

Menggunakan bantal dengan memory foam ternyata tidak tepat dilakukan pada saat udara tengah panas. Bantal jenis ini bisa menyerap dan memerangkap panas sehingga membuatmu sulit untuk tidur nyenyak.

Minum Cukup Air

Minum banyak air sebelum tidur bisa membuatmu terhindar dari masalah munculnya keringat berlebih. Pastikan juga untuk menghindari alkohol empat jam sebelum tidur karena bisa membuatmu dehidrasi di tengah malam dan kesulitan tidur nyenyak.

Tidur Sendirian

Semakin banyak orang yang tidur bersama, semakin banyak panas yang terkumpul di atas kasur. Sebisa mungkin tidur sendirian di atas kasur untuk memastikan udara menjadi dingin dan kamu bisa tidur nyenyak.

Hawa panas memang merupakan hal menyebalkan yang membuat kita sulit tertidur. Agar bisa tidur nyenyak dan cepat, penting untuk menerapkan sejumlah hal yang tersebut di atas. (Uli)