Sebastian Vettel Mengakui Kehebatan Mercedes Usai Balapan F1 GP Jepang

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 15 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengakui kehebatan Mercedes usai gagal memenangi balapan Formula 1 ( F1) GP Jepang 2019.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (13/10/2019), Vettel sebetulnya punya kesempatan untuk menang karena start terdepan (pole position). Namun, ia gagal memanfaatkan kesempatan itu karena kemudian disalip Valtteri Bottas (Mercedes).

Menyalip dua pebalap Ferrari sekaligus, Charles Leclerc dan Vettel, Bottas yang “cuma” menempati P3 pada starting grid berhasil memimpin jalannya balapan.

Kendati selama balapan sempat mengalami naik-turun posisi karena strategi pit-stop, pada akhirnya Vettel hanya bisa finis kedua, sementara gelar juara jatuh ke tangan Bottas. Berkat strategi jitu, Mercedes berhasil menempatkan dua pembalap mereka pada posisi 3 besar.

Bottas juara, sedangkan Lewis Hamilton finis di peringkat ketiga dengan selisih 11,786 detik. Seusai balapan, Sebastian Vettel pun memberikan komentar terkait penampilan Mercedes yang impresif selama balapan GP Jepang 2019 berjalan.

Pebalap berusia 32 tahun itu mengakui jet darat W10 milik Mercedes mampu tampil lebih cepat dibandingkan dengan Ferrari.

“Mercedes mempunyai ritme dan kecepatan yang lebih baik dari kami. Sesi balapan ini merupakan sesi yang sulit untuk saya tetap berada di urutan kedua,” kata Vettel, dilansir dari Kompas.com (14/10/2019).

Selain kecepatan, Vettel menilai start buruk juga menjadi salah satu biang kegagalannya meraih kemenangan di Sirkuit Suzuka.

Namun, pebalap asal Jerman itu tetap bersyukur dengan hasil runner-up yang dia raih.

“Saya melakukan start yang buruk, kemudian hal itu membuat kami mengalami kondisi yang sulit selama balapan berlangsung,” tutur rekan satu tim Charles Leclerc itu.

“Meski demikian, secara keseluruhan kami menjalani hari yang cukup positif dengan hasil tersebut,” kata Vettel.

Dengan hasil runner-up pada GP Jepang 2019, Sebastian Vettel masih tertahan di peringkat kelima klasemen sementara pembalap F1 musim ini dengan koleksi 242 poin.

Peraih gelar juara dunia F1 empat kali itu memiliki jumlah poin yang sama dengan pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, yang berada di peringkat keempat. Sementara itu, Lewis Hamilton masih nyaman memuncaki klasemen dengan raihan 338 poin.

Usai menyambangi Jepang, kejuaran dunia Formula 1 2019 akan memasuki balapan ke-18 di Autodromo Hermanos Rodriguez, Argentina, pada 25-28 Oktober mendatang. (Uli)