Sebanyak 660 Pasangan Nikah Massal Di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

FOTO: jakarta.tribunnews.com/indolinear.com
Minggu, 17 Februari 2019

Indolinear.com, Kota Tangerang – Sebanyak 660 pasangan menikah massal di Pemerintahan Kota Tangerang.

Nikah massal yang berlangsung Jumat (15/2/2019) ini sebagai rangkaian acara HUT ke-26 Kota Tangerang.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Tangerang dan Kementerian Agama Kota Tangerang menggelar sidang isbat nikah terpadu bagi masyarakat Kota Tangerang.

Plt Kepala Dinas DP3AP2KB Iis Aisyah mengatakan, setelah perkara yang disidangkan dinyatakan dikabulkan oleh hakim, pemohon dapat meneruskan administrasi ke Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mendapatkan Kutipan Akta Nikah.

“Kami catat sampai Desember 2018 sudah ada pemohon sebanyak 1.498 pasangan, tapi yang baru terdaftar sebanyak 660 pasangan,” terang Iis, dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (16/02/2019).

Menurut dia, pemohon sidang isbat nikah terpadu akan menerima salinan penetapan.

Salinan tersebut menjadi syarat utama bagi kantor urusan agama untuk menerbitkan akta nikah.

Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri mengatakan kegiatan ini upaya Pemkot Tangerang menyelesaikan permasalahan sosial masyarakat terkait legalitas pernikahan.

“Kami Pemkot Tangerang mencoba fasilitasi seluruh masyarakat Kota Tangerang yang belum tercatat pernikahannya secara hukum negara,” kata Dadi.

“Ini tentunya harus kita bantu, mereka tidak melaksanakan pernikahan secara hukum negara karena berbagai penyebab, yang dominan adalah masalah ekonomi,” imbuh Dadim

Ia berharap, setelah tercatat dalam perkawinan secara hukum negara bisa menempatkan keluarga sebagai pasangan yang legal diakui oleh negara dan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah tercatat didalam perkawinan hukum negara, hak sipilnya sebagai warga negara bisa diperoleh secara penuh,” harapnya.

Sebanyak 660 pasangan yang mengikuti isbat nikah dibagi dalam empat wilayah, yakni di Pemkot Tangerang, Gedung eks Mall Borobudur, Gor Puri Beta dan Gor Benda. (Uli)